PENGARUH MOTIVASI BELANJA HEDONIS TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF PADA REMAJA AKHIR PENGGUNA SHOPEE DI DKI JAKARTA

VARREL DENDRI DZAKI, . (2023) PENGARUH MOTIVASI BELANJA HEDONIS TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF PADA REMAJA AKHIR PENGGUNA SHOPEE DI DKI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf.pdf

Download (998kB)
[img] Text
BAB 1.pdf.pdf

Download (420kB)
[img] Text
BAB 2.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (292kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belanja hedonis terhadap perilaku pembelian impulsif pada remaja akhir pengguna Shopee di DKI Jakarta. Metode yang digunakan pad a penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan analisis regresi sederhana. Populasi pada penelitian ini adalah remaja akhir (18-21 tahun) yang berdomisili di DKI Jakarta dan pernah melakukan transaksi belanja online di Shopee. Besar sampel ditentukan dengan menggunakan teknik accidental sampling dengan beberapa kriteria dan diperoleh 119 partisipan. Penelitian ini menggunakan dua alat ukur, yaitu Impulsive Buying Tendency Scale (IBTS) dari Verplanken dan Herabadi (2001), dan Hedonic Shopping Motivation Scale dari Arnolds dan Reynolds (2003) yang sudah diadopsi oleh Defi Mulianingsih (2018). Hasil penelitian ini menunjukkan nilai Sig. 0,000 yang berarti terdapat pengaruh positif yang signifikan dari motivasi belanja hedonis terhadap pembelian impulsif pada remaja akhir pengguna Shopee di DKI Jakarta. This study aims to determine the effect of hedonic shopping motivation on impulse buying behavior in late adolescents who use Shopee in DKI Jakarta. The method used in this research is quantitative research method with simple regression analysis. The population in this study are late adolescents (18-21 years) who live in DKI Jakarta and have made online shopping transactions at Shopee. The sample size was determined using accidental sampling technique with several criteria and obtained 119 participants. This study uses two measuring instruments, namely the Impulsive Buying Tendency Scale (IBTS) from Verplanken and Herabadi (2001), and the Hedonic Shopping Motivation Scale from Arnolds and Reynolds (2003) which has been adopted by Defi Mulianingsih (2018). The results of this study indicate a Sig value. 0.000, which means that there is a significant positive effect of hedonic shopping motivation on impulse buying in late adolescents who use Shopee in DKI Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Lussy Dwiutami Wahyuni, M.Psi. 2) Lupi Yudhaningrum, M.Psi.
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Psikologi, Ilmu Jiwa
Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Ilmu Sosial > Demografi, Penduduk, Ilmu Kependudukan
Ilmu Sosial > Kewirausahaan
Divisions: FPP > S1 Psikologi
Depositing User: Users 20091 not found.
Date Deposited: 03 Oct 2023 01:58
Last Modified: 03 Oct 2023 01:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43058

Actions (login required)

View Item View Item