APLIKASI JELAJAH INDONESIA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TEKS DESKRIPSI BAGI PEMELAJAR BIPA 4

AJENG AMAH, . (2023) APLIKASI JELAJAH INDONESIA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TEKS DESKRIPSI BAGI PEMELAJAR BIPA 4. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (347kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (252kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa aplikasi Jelajah Indonesia sebagai media pembelajaran teks deskripsi bagi pemelajar BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) 4. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development, yakni gabungan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. Model pengembangan yang digunakan, yaitu ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Populasi penelitian ini merupakan pemelajar BIPA 4 Program BIPA KBRI Bern Periode Maret—Juni 2022 yang berjumlah 4 pemelajar. Data dikumpulkan melalui observasi dan angket analisis kebutuhan. Analisis data yang dilakukan dengan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian didapatkan bahwa telah berhasil dikembangkan media pembelajaran teks deskripsi bagi pemelajar BIPA 4 berupa aplikasi Jelajah Indonesia yang dapat diakses melalui peramban dan gawai jenis Android. Kualitas media pembelajaran yang telah dikembangkan mendapatkan penilaian berkategori sangat baik dari validator, yaitu 95,28% dengan masing- masing penilaian ahli materi 96,50%, ahli media 89,33%, dan praktisi 100,00%. Aplikasi Jelajah Indonesia memiliki implikasi dalam pembelajaran yang dapat digunakan sebagai sumber belajar pada BIPA 4, khususnya pada elemen kompetensi 2.2 Mampu menyimpulkan informasi dari berita yang berasal dari media elektronik (Elemen Kompetensi Menyimak), 3.2 Menyampaikan deskripsi yang jelas dan terperinci mengenai berbagai macam topik yang berhubungan dengan minat (Elemen Kompetensi Berbicara), 4.1 Mampu memahami isi artikel (opini) dan laporan yang berkaitan dengan isu mutakhir (Elemen Kompetensi Membaca), 5.1 Mampu menulis teks yang terperinci dan jelas mengenai berbagai macam topik yang diminati (Elemen Kompetensi Menulis), dan 6.2 Menguasai pengetahuan tentang penggunaan imbuhan (Elemen Kompetensi Tata Bahasa). This study aimed to develop learning media for BIPA (Indonesian Language for Foreign Speakers) 4 students in the form of the Jelajah Indonesia application as a descriptive text learning medium. This study used the Research and Development Method, which is a combination of qualitative and quantitative research methods. The development model used was ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). The population of this research was BIPA 4 students from the BIPA Program of the Indonesian Embassy in Bern for the March—June 2022 period, totaling 4 students. Data were collected through observation and needs analysis questionnaires. Data analysis was carried out with quantitative and qualitative analysis. The results of the study found that descriptive text learning media had been successful for BIPA 4 students in the form of the Jelajah Indonesia application which could be accessed through browsers and Android-type devices. The quality of the developed learning media received a very good category assessment of 95.28% from the validator, with each assessment of material experts at 96.50%, media experts at 89.33%, and practitioners at 100.00%. The Jelajah Indonesia application had learning implications that could be used as a learning resource in BIPA 4, particularly on competence elements. 2.2, in which students can conclude news obtained through electronic media (Listening Competence Elements), 3.2 Provide clear and detailed descriptions of a variety of topics of interest (Elements of Speaking Competence), 4.1 Able to comprehend the contents of current-issue articles (opinions) and reports (Reading Competence Elements), 5.1 Capable of writing detailed and clear texts on a wide range of topics of interest (Elements of Writing Competence), and 6.2 Master knowledge of affix usage (Grammar Competence Elements).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd. ; 2). Etsa Purbarani, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 20867 not found.
Date Deposited: 16 Oct 2023 00:59
Last Modified: 16 Oct 2023 00:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43123

Actions (login required)

View Item View Item