MODEL BAHAN AJAR BERBICARA BAHASA INGGRIS BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MAHASISWA PGSD (Penelitian Pengembangan di PGSD Universitas Muhammadiyah Tangerang)

DAYU RETNO PUSPITA, . (2023) MODEL BAHAN AJAR BERBICARA BAHASA INGGRIS BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MAHASISWA PGSD (Penelitian Pengembangan di PGSD Universitas Muhammadiyah Tangerang). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (945kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (995kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan model bahan ajar berbicara bahasa Inggris dengan pendekatan kontekstual yang secara khusus didesain untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa di Prodi PGSD Universitas Muhammadiyah Tangerang untuk dapat mengajarkan bahasa Inggris pada siswa SD secara lisan dalam konteks kelas, sekolah, dan lingkungan sekitar. Desain penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan Research and Development (R&D). Model pengembangan yang dipakai adalah adaptasi model Borg and Gall. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket dan tes. Sementara analisis data menggunakan deskriptif dan uji-t. Hasil uji kelayakan dan uji efektifitas menunjukkan bahwa bahan ajar berbicara bahasa Inggris berbasis pendekatan kontekstual untuk mahasiswa PGSD dinyatakan baik. Penelitian ini didasarkan pada lima aktifitas pembelajaran dengan pendekatan kontekstual sebagai berikut: 1) Warming up, adalah fase pengenalan tema. Pada fase ini, mahasiswa diberikan gambaran umum tentang apa yang akan dipelajari dengan pendekatan kontekstual yang diberikan adalah constructivism dan questioning; 2) Let’s focus, pada tahap ini dosen memberikan mahasiswa penjelasan singkat tentang topik yang akan dipelajari denagn pendekatan kontekstual yang diberikan adalah inquiry.; 3) Let’s speak, pada tahap ini mahasiswa diberikan kesempatan untuk berlatih membaca dialog berpasangan dengan pendekatan kontekstual yang diberikan adalah modelling; 4) Let’s cooperate, tahap ini adalah tahap kerjasama. Tahap ini terdiri dari membuat dialog sederhana secara berpasangan berdasarkan situasi yang diberikan, dan berlatih melakukan dialog di depan kelas, pendekatan kontekstual yang diberikan adalah learning community dan authentic assessment; 5) Let’s share, pada tahap ini dosen mengajak mahasiswa untuk mereview dan berbagi apa yang telah mereka pelajari di kelas dengan pendekatan kontekstual yang diberikan adalah reflection. Dengan demikian, bahan ajar ini dapat digunakan di Program Studi PGSD pada institusi lainnya. ************ This study aims to produce a model of teaching materials for speaking English with a contextual teaching and learning that was specifically designed to meet the needs of students in the Primary School Teacher Education Study Program, Muhammadiyah University of Tangerang, to be able to teach English to primary school students orally in the context of class, school, and the surrounding environment. The research design was designed using a Research and Development (R&D) approach. The development model used is an adaptation of the Borg and Gall model. Data collection techniques using interviews, questionnaires and tests. While data analysis uses descriptive and t-test. The results of the feasibility test and the effectiveness test showed that teaching materials for speaking English based on a contextual teaching learning for Primary School Teacher Education students were stated to be good. This research is based on five learning activities with a contextual teaching learning as follows: 1) Warming up, is the theme introduction phase. In this phase, students are given a general description of what will be learned with the given contextual approach, namely constructivism and questioning; 2) Let's focus, at this stage the lecturer gives students a brief explanation of the topic to be studied with the contextual approach given is inquiry; 3) Let's speak, at this stage students are given the opportunity to practice reading dialogues in pairs with the contextual approach given is modeling; 4) Let's cooperate, this stage is the cooperation stage. This stage consists of making simple dialogues in pairs based on the situation given, and practicing conducting dialogues in front of the class, the contextual teaching and learning given is learning community and authentic assessment; 5) Let's share, at this stage the lecturer invites students to review and share what they have learned in class with the contextual approach given is reflection. Thus, this teaching material can be used in the PGSD Study Program at other institutions.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Dr. Nuruddin, M.A. ; 2). Prof.Dr. Zainal Rafli, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: PASCASARJANA > S3 Linguistik Terapan
Depositing User: Dayu Retno Puspita .
Date Deposited: 29 Nov 2023 05:25
Last Modified: 29 Nov 2023 06:41
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43197

Actions (login required)

View Item View Item