”PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE MULTISENSORI (Penelitian Tindakan di kelas 1 SDN CIKEDOKAN O1 Kec. Cikarang Barat Kabupaten Bekasi )”

ENI KURNIAWATI, . (2022) ”PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE MULTISENSORI (Penelitian Tindakan di kelas 1 SDN CIKEDOKAN O1 Kec. Cikarang Barat Kabupaten Bekasi )”. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (253kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (318kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah penerapan metode multi sensory meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada peserta didik di kelas I SDN Cikedokan 01 Kecamatan Cikarang Barat Kabupaten Bekasi, yang berjumlah 25 orang, terdiri dari 13 orang peserta didik laki-laki dan 12 orang peserta didik perempuan. Jenis penelitian ini metode penelitian tindakan (action research) yang dirancang dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus dilaksanakan melalui 4 tahapan yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Data penelitian terdiri dari data observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, dan kemampuan membaca permulaan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi terhadap aktivitas guru, aktivitas siswa, dan kemampuan membaca permulaan siswa, kemudian data hasil observasi dianalisis dengan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian kondisi awal, jumlah siswa yang memenuhi KKM hanya 36 % atau 9 dari 25 siswa. Pada siklus I meningkat menjadi 56 % atau 14 dari 25 siswa. Pada siklus II meningkat lagi menjadi 92 % atau 23 dari 25 siswa. Dengan demikian, penerapan metode multi sensori cukup efektif untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas I SDN Cikedokan 01 . Kecamatan Cikarang Barat Kabupaten Bekasi ********** ABSTRACT This study aims to find out how the practice of Multisensory methods to improve the initial reading skills at students in the class I SDN Cikedokan 01 District of Cikarang Barat Bekasi Regency, which amounted to 25 people, consisting of 13 men and 12 female students. Type of this study is the action research methods (Action Research) designed in two cycles, namely cycle I and Cycle II. The research was conducted in two cycles consisting of four main components, namely: 1) Planning, 2) Implementation of action , 3) Observation, and 4) Reflection. The research data consisted of observation data teacher activity, student activity, and the ability to read the beginning of students. Data collection using test and observation, while data analysis used is with descriptive quantitative data analysis. The results showed the average of the results of students' reading tests on the first cycle increased to 56% or 14 of 25 students. In the second cycle it increased again to 92% or 23 of 25 students. This indicates that the indicator set by 80% of students reaching KKM has been achieved. Thus VAKT multisensory learning method can improve the ability to read fluently grade I students in SDN Cikedokan 01 District of Cikarang Barat Bekasi Regency.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Endry Boeriswati, M.Pd. ; 2). Dr. Miftahul Khaerah Anwar, M.Hum.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Eni Kurniawati .
Date Deposited: 12 Dec 2023 06:52
Last Modified: 12 Dec 2023 06:52
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43202

Actions (login required)

View Item View Item