PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS MAKALAH ILMIAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN WORKSHOP DAN KOLABORASI

MUSALJON, . (2023) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS MAKALAH ILMIAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN WORKSHOP DAN KOLABORASI. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
cover.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (127kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pengetahuan kebahasaan tidaklah cukup dalam kemampuan menulis makalah ilmiah. Model pembelajaran yang selama ini diterapkan sebelumnya tidak cukup berhasil dalam meningkatkan kemampuan menulis makalah ilmiah di STKIP Muhammadiyah Bogor. Model pembelajaran yang tepat sangat diperlukan guna meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa. Penelitian ini muncul dari permasalahan riil yang dihadapi dalam proses pembelajaran dan lalu direfleksikan dan lalu dicari alternatif pemecahan masalahnya untuk ditindaklanjuti dengan tindakan nyata yang terencana dan terukur. Penelitian ini bertujuan menganalisis penerapan model pembelajaran workshop dan kolaborasi dalam rangka meningkatkan kemampuan menulis makalah ilmiah mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa S1 jurusan pendidikan Bahasa Indonesia, STKIP Muhammadiyah Bogor semester 3 tahun ajaran 2018/2019 di kota Bogor. Data dikumpulkan dengan mengamati aktivitas belajar siswa, sedangkan tes dilakukan untuk mengukur kemampuan mahasiswa dalam menulis makalah ilmiah. Analisis deskriptif dilakukan untuk menganalisis kegiatan belajar mahasiswa dan kemajuan kemampuan menulis makalah ilmiah mereka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran workshop dan kolaborasi dapat meningkatkan kemampuan menulis makalah ilmiah mahasiswa. Penekanan pada aspek kemandirian dan kerjasama dalam model pembelajaran ini merupakan sesuatu yang jarang dilakukan, dan penelitian ini membuktikan dapat meningkatkan kemampuan menulis makalah mahasiswa dan kenyamanan mereka dalam pembelajaran menulis akademik. Effective writing not only requires linguistic knowledge but also requires an appropriate learning model because the writer requires comfortable practice to improve their ability. The purpose of this study is to analyze the application of a workshop and collaborative learning model to improve students' scientific writing skills. This type of research is classroom action research. This research emerged from the real problems faced by lecturers in the learning process and then reflected alternative solutions to the problem to be followed up with concrete actions that are planned and measured. The subjects of this study were S1 students majoring in Indonesian Language Education, STKIP Muhammadiyah Bogor semester 3 of 2018/2019 school year in the city of Bogor. Data were collected by observing student learning activities, while tests were conducted to measure students' abilities in writing scientific papers. Descriptive analysis was conducted to analyze student learning activities and the progress of their scientific paper writing abilities. The results of this study indicate that the application of workshop learning and collaboration models can improve students' writing scientific papers. Emphasis on the aspects of independence and cooperation in this learning model is something that is rarely done, and in fact, can improve student competency and their comfort in learning academic writing. Keywords: academic, collaborative, learning, writing, workshop

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof.Zainal Rafli, M.Pd. 2). Dr. Siti Gomo Attas, M.Hum.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Tinggi, Universitas
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: PASCASARJANA > S3 Linguistik Terapan
Depositing User: Users 19918 not found.
Date Deposited: 03 Jan 2024 01:06
Last Modified: 03 Jan 2024 01:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43224

Actions (login required)

View Item View Item