UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL EMPATI SISWA KELAS V SD DALAM PEMBELAJARAN IPS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK

FITRI ATIKAPUTRI, . (2024) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL EMPATI SISWA KELAS V SD DALAM PEMBELAJARAN IPS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

This is the latest version of this item.

[img] Text
1. COVER SKRIPSI - FITRI ATIKAPUTRI PGSD UNJ.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB I - FITRI ATIKAPUTRI PGSD UNJ.pdf

Download (798kB)
[img] Text
7. BAB II - FITRI ATIKAPUTRI PGSD UNJ.pdf
Restricted to Registered users only

Download (798kB)
[img] Text
8. BAB III - FITRI ATIKAPUTRI PGSD UNJ.pdf
Restricted to Registered users only

Download (799kB)
[img] Text
9. BAB IV - FITRI ATIKAPUTRI PGSD UNJ.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
10. BAB V - FITRI ATIKAPUTRI PGSD UNJ.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA - FITRI ATIKAPUTRI PGSD UNJ_compressed.pdf

Download (150kB)
[img] Text
12. LAMPIRAN SKRIPSI - FITRI ATIKAPUTRI PGSD UNJ_compressed_compressed-compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial empati siswa kelas V SD dalam pembelajaran IPS melalui penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis & Taggart dengan langkah-langkah yang terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I terdiri dari dua pertemuan dengan tatap muka, begitu pula dengan Siklus II. Lembar Pengamatan Aktivitas Siswa berguna untuk mendapatkan data aktivitas siswa, Lembar Pengamatan Tindakan Guru berguna untuk mendapatkan data pengelolaan pembelajaran oleh guru, dan Lembar Pengamatan Keterampilan Sosial Empati Siswa berguna untuk mendapatkan data peningkatan keterampilan sosial empati siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas siswa kelas V-B SDN Srengseng Sawah 11 pada pembelajaran IPS dengan menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Proyek di Siklus I maupun Siklus II penelitian tindakan kelas ini memiliki persentase skor sebesar 100%; (2) Pengelolaan pembelajaran oleh guru di kelas V-B SDN Srengseng Sawah 11 yang telah dilakukan oleh guru pada pembelajaran IPS dengan menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Proyek juga memiliki persentase skor 100%; dan (3) Terdapat peningkatan persentase keterampilan sosial siswa di kelas V-B SDN Srengseng Sawah 11 dalam pelaksanaan pembelajaran IPS dengan menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Proyek sebesar 3,13%, dari persentase sebesar 93,75% di Siklus I menjadi persentase sebesar 96,88% di Siklus II. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan keterampilan sosial empati siswa kelas V-B SDN Srengseng Sawah 11. This classroom action research aims to improve the empathic social skills of fifth-grade elementary school students in social studies learning through the application of a ProjectBased Learning Model. The research design uses the Kemmis & Taggart model, with steps consisting of four stages: planning, acting, observing, and reflecting. The research was carried out in two cycles. Cycle I consisted of two face-to-face meetings, as well as Cycle II. The Student Activity Observation Sheet is useful for obtaining student activity data, the Teacher Action Observation Sheet is useful for obtaining data on the management of learning by the teacher, and the Student Empathy Social Skills Observation Sheet is useful for obtaining data on improving students' empathic social skills. The results showed that: (1) The activities of class V-B SDN Srengseng Sawah 11 students in social studies learning by applying the Project-Based Learning Model in Cycle I and Cycle II of class action research had a score percentage of 100%; (2) Learning management by the teacher in class V-B SDN Srengseng Sawah 11 which has been carried out by the teacher in social studies learning by applying the Project-Based Learning Model also has a score percentage of 100%; and (3) There is an increase in the percentage of students' social skills in class V-B SDN Srengseng Sawah 11 in the implementation of social studies learning by applying the Project-Based Learning Model by 3.13%, from a percentage of 93.75% in Cycle I to a percentage of 96.88% in Cycle II. Therefore, it can be concluded that the application of the Project-Based Learning Model in social studies learning can improve the empathic social skills of students in class V-B SDN Srengseng Sawah 11.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Yustia Suntari, S.Pd, M.Pd. 2). Drs. Juhana Sakmal, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 20991 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2024 01:23
Last Modified: 22 Jan 2024 01:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43276

Available Versions of this Item

  • UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL EMPATI SISWA KELAS V SD DALAM PEMBELAJARAN IPS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK. (deposited 22 Jan 2024 01:23) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item