SADDAM ADHA KURNIA ALWI, . (2024) PENERAPAN TOKEN EKONOMI UNTUK MENGURANGI PERILAKU AGRESIF MEMUKUL PADA ANAK DENGAN AUTISME. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Cover.pdf Download (721kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (321kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (445kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (273kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (377kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (195kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (319kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (732kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengurangi perilaku memukul teman dengan token ekonomi pada siswa austime. Penelitian ini merupakan penelitian subjek tunggal dengan desain A-B-A dan dianalisis menggunakan analisis visual dalam kondisi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan pencatatan frekuensi serta durasi perilaku pada setiap fase. Hasil penelitian menunjukkan adanya penurunan perilaku memukul pada siswa autisme. Sebelum diberikan intervensi, siswa yang menjadi subjek penelitian memukul temannya sebanyak 12 kali kemudian menurun menjadi sebanyak 5 kali setelah dilakukan intervensi. Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam memberikan intervensi adalah kondisi lingkungan. Peneliti harus menciptakan lingkungan yang kondusif, lingkungan yang kondusif sangat mempengaruhi hasil intervensi. Implikasinya adalah guru dapat menggunakan token ekonomi untuk mengurangi perilaku negatif atau meningkatkan perilaku positif pada siswa autis. Kata kunci: Token Ekonomi, Perilaku Memukul, dan Autisme This research aim to reduce the aggressive hitting behavior in children with autism using token economy. This research a single subject research with A-B-A structure design and analized with visual analysis in controlled conditions. The data for this research are collected through observatiions and noting frequency along with the duration of behavior in each phase. This research found that hitting behavior are reduced. Before intervention, subject student used to hit his friends for 12 times and reduced to 5 times after intervention. One of the thing that has to be paid attention for when doing interventions is the condition of the environment of the subject. Conducive environment has to be created as it will significantly influence the outcomes of the interventions. The implications of this research is that teachers can utilize token economy to decrease the negative behavior of hitting others in students with autism. Key concept : Token Economy, Hitting Behavior, and Autism
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Lalan Erlani, Ed.S,.M.Ed. 2). Dr. Mohammad Arif Taboer, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Khusus |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | Users 21033 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2024 04:44 |
Last Modified: | 22 Jan 2024 04:44 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43284 |
Actions (login required)
View Item |