MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK LAMBAN BELAJAR MELALUI METODE GLOBAL PADA PESERTA DIDIK KELAS III SD BUDI MULIA DUA BINTARO

INDIRA RAISSA JASMINE, . (2024) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK LAMBAN BELAJAR MELALUI METODE GLOBAL PADA PESERTA DIDIK KELAS III SD BUDI MULIA DUA BINTARO. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (889kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (591kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan peserta didik lamban belajar menggunakan metode global. Subyek dalam penelitian ini adalah tiga peserta didik lamban belajar kelas III SD. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain Kemmis & McTaggart yang terdiri dari tiga tahapan yaitu perencanaan, tindakan + observasi, dan refleksi yang dilakukan sebanyak dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode global kemampuan membaca permulaan peserta didik lamban belajar kelas III di SD Budi Mulia Dua Bintaro meningkat, dengan data pada kemampuan awal diperoleh rata-rata nilai 45,66%, pada siklus I diperoleh rata-rata nilai 69,33%, hingga meningkat menjadi 83,05% ketika siklus II diterapkan dengan standar keberhasilan minimal 75%. Dari hasil tersebut, metode global dapat diimplementasikan dalam pembelajaran membaca khususnya untuk peserta didik yang belum lancar membaca dan ingin belajar kalimat serta kata sederhana karena melatih peserta didik untuk memahami bagaimana sebuah kalimat dan kata terbentuk sehingga tidak hanya sekedar menghafalkan saja. ***** This research aims to improve slow learners' word recognition skills using a global method. This research was held with the research subjects being slow learners at third class in elementary school. Classroom Action Research (PTK) with a Two-cycle Kemmis & McTaggart model was used as the method, which consists of three stages: planning, action + observation, and reflection. Results show that throughout the process, the slow learner students' word recognition skill increased slowly, gaining an average score of 45.66%, increased to 69,33% in first cycle then to 83.05% when cycle II was implemented with the score of 75% as a minimum standard of success. The results concluded that the global method is suitable for students who are not yet fluent in reading and want to learn simple sentences and words because it teaches students to understand how sentences and words are formed so they do not only memorize them.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Ishak G. Bachtiar ; 2) Leliana Lianty
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 21070 not found.
Date Deposited: 29 Jan 2024 03:47
Last Modified: 29 Jan 2024 03:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43295

Actions (login required)

View Item View Item