PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN WRITING SKILLS DENGAN PENDEKATAN COLLABORATIVE LEARNING MENGGUNAKAN BAHAN AJAR DIGITAL BERBASIS PADLET KELAS VIII

AHMAD LAZUARDI AL-FITRIE, . (2024) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN WRITING SKILLS DENGAN PENDEKATAN COLLABORATIVE LEARNING MENGGUNAKAN BAHAN AJAR DIGITAL BERBASIS PADLET KELAS VIII. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (986kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (267kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Menulis sebagai bagian dari keterampilan produktif adalah ungkapan bahasa yang digunakan dalam memberikan penyampaian gagasan atau ide dalam bentuk huruf, lambang dan kata kepada pembaca. Namun, berdasarkan studi literatur yang dilakukan masih rendahnya kemampuan menulis peserta didik yang dialami disekolah. Hal ini disebabkan kurang kemampuan peserta didik dalam mengorganisaikan ide dengan baik, pengembangan karangan serta penyusunan kalimat dan kosakata yang digunakan masih terbatas. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan rancangan pembelajaran writting skills dengan pendekatan collaborative learning menggunakan bahan ajar digital kelas VIII. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Thiagarajan 4D. Tahapan pengembangan 4D yaitu define, design, develope dan ditterminate. Padlet merupakan situs web dan aplikasi yang memungkinkan peserta didik menyusun informasi ke papan buletin virtual. Evaluasi pada penelitian ini menggunakan evaluasi formatif dengan melibatkan dua ahli yaitu ahli materi dan ahli media. Selain itu, proses evaluasi melalui expert review untuk menguji kelayakan dan uji coba pengguna melalui uji coba one to one, small group dan uji efektifitas. Hasil review ahli diperoleh hasil 90,9% dari ahli materi menunjukkan sangat layak untuk diuji coba dan 65,5% dari hasil uji media menunjukkan cukup layak untuk diuji coba. Hasil uji pengguna melalui uji coba one to one dilakukan kepada 3 responden mendapatkan nilai presentase 81,77% menunjukkan materi yang disampaikan cukup baik. Hasil uji coba small group dilakukan kepada 9 responden mendapatkan kenaikan nilai menjadi 88,02% yang artinya pengembangan yang dilakukan dinilai sangat baik. Pada tahap uji efektivitas yang dilakukan melalui pre test dengan skor 42,7 dan post test mendapatkan nilai 75,3 dan hasil N-Gain 0,57 menunjukkan pengembangan ini cukup efektif. Hasil penilaian kemampuan menulis awal peserta mendapatkan skor 75,83 dan hasil respon peserta didik setelah melakukan pengembangan mendapatkan skor 86,97. Sehingga dalam hal ini dapat ditarik kesimpulan bahwa pengembangan pembelajaran writing skills dengan pendekatan collaborative learning dengan menggunakan bahan ajar digital berbasis padlet di SMPI Nida El-Adabi kelas VIII dapat dikatakan sangat layak digunakan untuk membantu peserta didik dalam pembelajaran writting skills. Writing can be described as part of literacy to be able to develop itself from productive skills. Writing as part of productive skills is an expression of language used in providing delivery of ideas or ideas in the form of letters, symbols and words to readers. However, based on the literature study conducted, the low writing ability of students experienced at school is still low. This is due to the lack of ability of students in organizing ideas well, developing essays and preparing sentences and the vocabulary used is still limited The purpose of this research is to develop a writing skills learning design with a collaborative learning approach using digital teaching materials for class VIII.. This research uses the Thiagarajan 4D development model. This model is used because it is considered a study in designing and developing digital teaching materials. The evaluation in this study used formative evaluation by involving two experts, namely material experts and media experts. In addition, the evaluation process goes through several stages, including expert review, one to one trial, small group and effectiveness test. The expert review results obtained 90.9% from the material expert and 65.5% from the media test results. The results of the one to one trial conducted to 3 respondents obtained a percentage value of 81.77%. The results of the small group trial were carried out to 9 respondents to get an increase in value to 88.02%, which means that the development carried out is considered very good. At the effectiveness test stage carried out through the pre test and post test, the score was 81.55%. The results of the assessment of the participants' initial writing ability scored 75.83 and the results of the students' responses after the development scored 86.97. So in this case it can be concluded that the development of learning writing skills with a collaborative learning approach using padlet-based digital teaching materials at SMPI Nida El-Adabi class VIII can be said to be very feasible to use to help students in learning writing skills.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Etin Solihatin, M.Pd 2). Dr. Cecep Kustandi, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > S2 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 21206 not found.
Date Deposited: 29 Jan 2024 01:32
Last Modified: 29 Jan 2024 01:32
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43381

Actions (login required)

View Item View Item