PENGARUH JINGLE IKLAN ‘GRATIS ONGKIR DI LAZADA’ DI INSTAGRAM TERHADAP BRAND AWARENESS PROMOSI GRATIS ONGKIR LAZADA

YOANDRA PUTRI AMARAWATI, . (2023) PENGARUH JINGLE IKLAN ‘GRATIS ONGKIR DI LAZADA’ DI INSTAGRAM TERHADAP BRAND AWARENESS PROMOSI GRATIS ONGKIR LAZADA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (963kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (567kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (866kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (259kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Iklan merupakan salah satu bentuk komunikasi pemasaran yang digunakan pelaku usaha untuk menjangkau konsumennya. Iklan memiliki fungsi salah satunya yaitu untuk meningkatkan kesadaran audiens terhadap perusahaan atau produk. Berdasarkan survei, saat ini Lazada masih berada di posisi kedua dengan kategori e-commerce yang sering digunakan, belum mampu menggeser Shopee di posisi pertama, dengan perbedaan persentase yang cukup signifikan. Untuk itu, Lazada berusaha meningkatkan kesadaran audiens salah satunya yaitu dengan promosi melalui iklan. Lazada membuat iklan dengan jingle yang menarik untuk meningkatkan brand awareness. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jingle iklan ‘Gratis Ongkir Di Lazada’ terhadap brand awareness promosi gratis ongkir Lazada. Penelitian ini menggunakan teori new media yang dikemukakan oleh Pierre Levy. Teori new media memandang media baru sebagai media untuk menyebarkan infomasi yang dapat memicu komunikasi interaktif dan membentuk kelompok masyarakat baru. Penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu jingle iklan dan brand awareness. Jingle iklan memiliki enam dimensi, yaitu memorable, likable, meaningfull, transferable, adaptable, dan protectable. Brand awareness memiliki empat dimensi, yaitu unaware of brand, brand recognition, brand recall, dan top of mind. Paradigma dalam penelitian ini yaitu paradigma positivisme dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode survey melalui google form yang disebarkan kepada 100 orang sampel. Populasi dalam penelitian ini yaitu audiens yang menyukai unggahan iklan Lazada di Instagram sebanyak 26.153 akun. Peneliti menggunakan teknik penarikan sampel purposive sampling, dengan kriteria followers Instagram Lazada Indonesia. Metode analisis data dalam penelitian ini yaitu univariate dan bivariate dengan analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian, data yang diperoleh peneliti terbukti berdistribusi normal dan linear. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jingle iklan ‘Gratis Ongkir Di Lazada’ berpengaruh positif , kuat, dan signifikan terhadap brand awareness promosi gratis ongkir di Lazada. Maka dapat dinyatakan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, yaitu terdapat pengaruh antara jingle iklan dan brand awareness. Jingle ‘Gratis Ongkir Di Lazada’ di Instagram terbukti memiliki pemngaruh terhadap brand awareness gratis ongkir di Lazada. Sebagian besar responden setuju bahwa dengan mendengarkan atau melihat jingle, akan langsung terbentuk kesadaran atau awareness responden terhadap keberadaan Lazada sebagai e-commerce dengan promosi gratis ongkir. Sebagian responden juga setuju bahwa terdapat kemungkinan untuk mereka memilih Lazada sebagai e-commerce dengan promosi gratis ongkir yang akan mereka pilih atau gunakan. Jingle ‘Gratis Ongkir Di Lazada’ sudah cukup baik, memiliki visualisasi yang menarik, futuristik, dan template warna yang sesuai dengan Lazada, dengan demikian jingle terbukti identik dan berhasil menggambarkan merek. Namun, masih terdapat kekurangan pada hal identitas merek yang kurang kuat, sehingga dikhawatirkan jingle mudah ditiru dan diplagiasi. Kata Kunci : Komunikasi Pemasaran, Jingle Iklan, Brand Awareness ************ Advertising is a form of marketing communication used by business actors to reach their consumers.Advertisements have one function, namely to increase audience awareness of a company or product. Based on the survey, currently Lazada is still in second place in the frequently used e-commerce category, unable to displace Shopee in first place, with a quite significant percentage difference. For this reason, Lazada is trying to increase audience awareness, one of which is by promoting through advertising. Lazada creates advertisements with catchy jingles to increase brand awareness. Therefore, this research aims to determine the effect of the advertising jingle 'Free Shipping on Lazada' on brand awareness of Lazada's free shipping promotion. This research uses the new media theory put forward by Pierre Levy. New media theory views new media as a medium for disseminating information that can trigger interactive communication and form new social groups. This research uses two variables, namely advertising jingles and brand awareness. Advertising jingles have six dimensions, namely memorable, likable, meaningful, transferable, adaptable, and protectable. Brand awareness has four dimensions, namely unaware of brand, brand recognition, brand recall, and top of mind. The paradigm in this research is the positivism paradigm with a quantitative approach. This research uses a survey method via Google Form to the 100 sample. The population in this research is the audience who likes Lazada advertising uploads on Instagram, as much as 26.153 accounts. Researchers used a sampling technique; purposive sampling, with the criteria of Lazada Indonesia Instagram followers. The data analysis method in this research is univariate and bivariate with simple linear regression analysis. Based on the research results, the data obtained by the researchers was proven to be normally and linearly distributed. The research results show that the advertising jingle 'Free Shipping on Lazada' has a positive, strong and significant effect on brand awareness of the free shipping promotion on Lazada. So it can be stated that H0 is rejected and H1 is accepted, namely that there is an influence between advertising jingles and brand awareness. The jingle 'Free Shipping on Lazada' on Instagram has been proven to have an influence on brand awareness of free shipping on Lazada. Most respondents agreed that by listening to or seeing the jingle, respondents would immediately form awareness of Lazada's existence as an e-commerce with free shipping promotions. Some respondents also agreed that there was a possibility for them to choose Lazada as the e-commerce with free shipping promotions that they would choose or use. The jingle 'Gratis Ongkir Di Lazada’ is quite good, it has attractive, futuristic visualization, and a color template that suits Lazada, thus the jingle has proven to be identical and successful in describing the brand. However, there are still shortcomings in terms of brand identity which is not strong enough, so it is feared that jingles will be easily imitated and plagiarized. Keywords : Marketing Communication, Advertising Jingle, Brand Awareness

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Maulina Larasati Putri, M.I.Kom. ; 2). Dr. Dini Safitri, M.Si.
Subjects: Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: FIS > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Users 21241 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2024 01:27
Last Modified: 26 Jan 2024 01:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43412

Actions (login required)

View Item View Item