PENGUKURAN EFEKTIVITAS PEMAHAMAN PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN KONSEP FLAT DESIGN PADA MATERI PENGOPERASIAN KAMERA VIDEO DI SMK NEGERI 1 KOTA BEKASI

WAHYUNITA RIZKY ALMIRA, . (2023) PENGUKURAN EFEKTIVITAS PEMAHAMAN PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN KONSEP FLAT DESIGN PADA MATERI PENGOPERASIAN KAMERA VIDEO DI SMK NEGERI 1 KOTA BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (666kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (163kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (141kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur pemahaman peserta didik terkait dengan materi Pengorperasian Kamera Video menggunakan video pembelajaran dengan konsep flat design pada kelas XII Multimedia di SMK Negeri 1 Kota Bekasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian pretest-postest nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh, yang mana sampel diambil dari seluruh populasi yang berjumlah 36 peserta didik. Pada penelitian ini, kelas XII MM.A sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan berupa video pembelajaran dengan konsep flat design, dan pada kelas XII MM.B sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan berupa video pembelajaran dengan konsep live action. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu berupa pre-test dan post-test. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis distribusi dan inferensial. Hasil penelitian menyatakan bahwa pada hasil perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t pada data post-test diperoleh nilai thitung = 1,83 dengan (dk) = 34 dan  = 0,05. Maka diperoleh hasil thitung > ttabel atau 1,83 > 1,69, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman peserta didik terhadap penggunaan video pembelajaran dengan konsep flat design dan live action. Berdasarkan hasil pretest dan posttest dari kedua kelas, untuk kelas eksperimen mendapat nilai N-Gain Score sebesar 22,88 dan kelas kontrol mendapat nilai N-Gain Score sebesar 25,33. Pada kelas kontrol mendapat peningkatan yang cukup signifikan dan lebih baik sebelum dan setelah diterapkannya perlakuan berupa video pembelajaran dengan konsep live action dibandingkan dengan kelas eksperimen. ***** The purpose of this study was to measure students' understanding related to Video Camera Customization material using learning videos with flat design concepts in class XII Multimedia at SMK Negeri 1 Bekasi City. The method used in this study is a quasi-experimental method with a pretest-postest nonequivalent control group design research design. The sampling technique uses saturated samples, where samples are taken from the entire population of 36 students. In this study, class XII MM.A as an experimental class was treated in the form of learning videos with the concept of flat design, and in class XII MM.B as a control class which was treated in the form of learning videos with the concept of live action. The data collection technique used is in the form of pre-test and post-test. Data analysis techniques use distribution and inferential analysis techniques. The results stated that the results of the calculation of the hypothesis test using the t-test on post-test data obtained tcount value = 1.83 with (dk) = 34 and  = 0.05. Then the results of tcalculate > ttable or 1.83 > 1.69, then H0 is rejected and H1 is accepted. So it can be concluded that there are differences in students' understanding of the use of learning videos with the concept of flat design and live action. Based on the pretest and posttest results from both classes, the experimental class got an N-Gain Score of 22.88 and the control class got an N-Gain Score of 25.33. The control class received a significant improvement and was better before and after the implementation of treatment in the form of learning videos with the concept of live action compared to the experimental class.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Hamidillah Ajie, S.Si., M.T. ; 2). Murien Nugraheni, S.T., M.Cs.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer
Depositing User: Users 21175 not found.
Date Deposited: 29 Jan 2024 05:59
Last Modified: 29 Jan 2024 05:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43518

Actions (login required)

View Item View Item