PARTISIPASI ORANGTUA SISWA DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DI KBTK LABSCHOOL JAKARTA

VANY VINDRI PERMATA, . (2023) PARTISIPASI ORANGTUA SISWA DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DI KBTK LABSCHOOL JAKARTA. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (668kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (429kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (919kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (182kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Orang tua memiliki kedudukan sebagai pengambil keputusan utama pada program sekolah dan memiliki pengaruh yang signifikan dalam memaksimalkan potensi anak, sehingga sekolah dapat memenuhi kebutuhan belajar siswa. Hadirnya penelitian bertujuan untuk mengeksplorasi terkait strategi peningkatan partisipasi orang tua dan manajemen partisipasi orang tua yang dilakukan di KB TK Labschool Jakarta. Penelitian dilakukan merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa; observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Pada analisis data menggunakan model analisis Miles and Huberman; proses reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian mengungkapkan harapan akademik orang tua, dukungan orang tua untuk pembelajaran anak, diskusi orang tua-anak tentang masalah sekolah, partisipasi orang tua dalam tata kelola dan acara sekolah, orang tua dan anak membaca bersama, dan penekanan orang tua pada pendidikan, berhubungan positif dengan prestasi siswa. Partisipasi orang tua memberikan dampak yang sangat positif karena terjadi proses pengambilan keputusan yang pastisipatif sehingga segala kebijakan yang diberlakukan di dalam sekolah akan lebih demokratis pada implementasi, pengawasan, dan evaluasi program pendidikan. Partisipasi orang tua dapat membantu sekolah dalam memaksimalkan tumbuh kembang anak baik secara fisik atau psikis sehingga anak produktif dan dapat melakukan hal-hal secara mandiri. Dengan demikian, dapat disimpulkan keterlibatan orang tua yang tinggi dan sedang akan membuat anak mencapai prestasi akademik lebih tinggi dibandingkan dengan keterlibatan orang tua yang rendah. Parents have a position as the main decision makers in school programs and have a significant influence in maximizing children's potential, so that schools can meet students' learning needs. The present research aims to explore strategies for increasing parental participation and management of parental participation carried out at KB TK Labschool Jakarta. The research carried out was descriptive qualitative research using data collection techniques in the form of; observation, interviews, and documentation studies. In data analysis using the Miles and Huberman analysis model; data reduction process, data presentation, verification and drawing conclusions. The research findings revealed that parental academic expectations, parental support for children's learning, parent-child discussions about school issues, parental participation in school governance and events, parents and children reading together, and parental emphasis on education, were positively related with student achievement. Parental participation has a very positive impact because there is a participatory decision-making process so that all policies implemented within the school will be more democratic in the implementation, monitoring and evaluation of educational programs. Parental participation can help schools maximize children's growth and development both physically and psychologically so that children are productive and can do things independently. Thus, it can be concluded that high and moderate parental involvement will make children achieve higher academic achievements compared to low parental involvement.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Matin, M.Pd 2). Prof. Dr. Nurhatatti Fuad, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Manajemen > Manajemen , Business
Divisions: PASCASARJANA > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 21287 not found.
Date Deposited: 05 Feb 2024 01:35
Last Modified: 05 Feb 2024 01:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43519

Actions (login required)

View Item View Item