PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP IPA SISWA KELAS V

DINDA AGITYA ALVIANTI, . (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP IPA SISWA KELAS V. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (953kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (653kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (905kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy
[img] Text
DATAR PUSTAKA.pdf

Download (554kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan poduk yang layak dan mengetahui cara e-modul berbasis PjBL dapat meningkatan penguasaan konsep IPA siswa kelas V sekolah dasar pada materi ekosistem. Penelitian ini dilakukan di SD Gunung 01, Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, tes, dan kuesioner. Hasil uji ahli pengembangan e-modul berbasis PjBL memperoleh nilai rata-rata 88,53% yang termasuk dalam kategori sangat valid. Selain itu, pada tahap uji coba pengguna e-modul berbasis PjBL memperoleh hasil persentase 90,83% pada uji one to one, 90,63% pada small group, dan 93,25% pada field test. Merujuk pada hasil analisis data kelayakan, e-modul berbasis PjBL merupakan produk yang valid dan layak digunakan pada pembelajaran IPA. Hasil uji coba penguasaan konsep ipa memperoleh n-gain yang sebesar 0,78 pada small group dan 0,86 pada field test. Maka e-modul berbasis PjBL pada materi ekosistem ini efektif digunakan untuk meningkatkan penguasaan konsep IPA siswa. ***** This development research aims to produce a viable product and find out how PjBL-based e-modules can improve fifth grade elementary school students' mastery of science concepts in ecosystem material. This research was conducted at Gunung 01 Elementary School, Jakarta. The research method used is the research and development (R&D) method with the 4D development model (Define, Design, Develop and Disseminate). Data collection techniques use interviews, tests and questionnaires. The expert test results for developing PjBL-based e-modules obtained an average score of 88.53% which is included in the very valid category. Apart from that, in the trial phase users of the PjBL-based e-module obtained percentage results of 90.83% in the one to one test, 90.63% in the small group, and 93.25% in the field test. Referring to the results of the feasibility data analysis, the PjBL-based e-module is a valid product and suitable for use in science learning. The results of the science concept mastery trial obtained an n-gain of 0.78 in the small group and 0.86 in the field test. So the PjBL-based e-module on ecosystem material is effectively used to improve students' mastery of science concepts.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Endang Wahyudiana, M.Pd. ; 2). Prof. Dr. Ika Lestari, S.Pd., M.Si.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 21239 not found.
Date Deposited: 29 Jan 2024 23:37
Last Modified: 29 Jan 2024 23:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43549

Actions (login required)

View Item View Item