PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID PADA MATA PELAJARAN FRONT OFFICE

AYU FRIDITYA WULANINGRUM, . (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID PADA MATA PELAJARAN FRONT OFFICE. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (297kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (582kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (285kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah di SMKN 57 Jakarta dimana kondisi pasca pandemi Covid-19 membuat kegiatan belajar mengajar yang dilakukan siswa dan guru bergantung pada smartphone. Namun belum terdapat pengembangan pada media pembelajaran yang dapat menyesuaikan dengan kondisi yang terjadi khususnya pada mata pelajaran front office jurusan perhotelan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi android dan mengetahui kelayakan media pembelajaran tersebut. Penelitian ini dilakukan di SMKN 57 Jakarta pada waktu bulan Januari hingga November 2023. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development menggunakan model pengembangan ADDIE. Sasaran produk yakni peserta didik kelas XII jurusan perhotelan di SMKN 57 Jakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan angket dengan skala likert yang kemudian dianalisis dengan metode kuantitatif deskriptif. Setelah produk melalui tahap pengembangan dilakukan uji validasi dengan ahli materi yang menghasilkan persentase rata-rata sebesar 97% dengan kategori sangat layak, kemudian dilakukan uji validasi bersama ahli media yang menghasilkan persentase rata-rata 99% dengan kategori sangat layak, dan uji validasi ahli bahasa sebesar 100% dengan kategori sangat layak. Dilanjutkan dengan uji coba perorangan sebanyak tiga peserta didik dengan hasil persentase sebesar 100% yang masuk ke dalam kategori sangat layak. Terakhir dilakukan uji validasi kepada pengguna yakni 30 peserta didik kelas XII jurusan perhotelan di SMKN 57 Jakarta dan menghasilkan persentase rata-rata sebesar 94% yang masuk ke dalam kategori sangat layak. Berdasarkan hasil uji validasi dan uji lapangan yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis aplikasi android yang dikembangkan sangat layak dijadikan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran front office Kata Kunci: front office, media pembelajaran, perhotelan. **** The background of this research is based by the issues at SMKN 57 Jakarta, where the post-Covid-19 pandemic made teaching and learning activities dependent on smartphones for students and teachers. However, there has not been any development in learning media that adapts the situation, especially in the front office subjects. This study aims to develop android-based learning media and determine the feasibility of it. The research was conducted at SMKN 57 Jakarta from January to November 2023. The research method used was research and development using the ADDIE model. The target product is the 12th grade students in the hospitality department at SMKN 57 Jakarta. The data collection technique used a questionnaire with likert scale, which was then analyzed using descriptive quantitative methods. After the product went through development, it was validated by subject experts, resulting in an average percentage of 97% with the category of very feasible. Next validation with media experts, resulting in an average percentage of 99% in the very feasible category, and language expert validation at 100% in the very feasible category. Continued by individual testing with three students, resulting in a percentage of 100% in the very feasible category. Finally, validation was conducted with 30 users (12th grade students in the hospitality department at SMKN 57 Jakarta), resulting in average percentage of 94% in the very feasible category. Based on the results of the validation and field tests conducted, it can be concluded that the android-based learning media is highly feasible to be used as a learning media in front office subjects. Keywords: Front office, Hospitality, Learning Media.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1). Dra. Nurlaila Abdullah Mashabi, M.Kes. ; 2). Maya Oktaviani, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: Users 21393 not found.
Date Deposited: 29 Jan 2024 06:09
Last Modified: 29 Jan 2024 06:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43553

Actions (login required)

View Item View Item