PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK PADA MATA PELAJARAN LAUNDRY

FEBRYANTI PEEDRO WIDYASARI, . (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK PADA MATA PELAJARAN LAUNDRY. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (338kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (905kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (742kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sumber belajar tambahan bagi siswa berupa media pembelajaran flipbook pada mata pelajaran laundry. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yaitu Analisis (Analyze), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Penelitian diawali dengan menganalisis masalah serta kebutuhan siswa-siswi terhadap sumber belajar tambahan terkait teori pada mata pelajaran laundry. Kemudian dilanjutkan dengan tahapan desain yaitu perancangan media dan membuat storyboard. Selanjutnya dilakukan tahap pengembangan yaitu pembuatan media pembelajaran dengan bentuk akhir flipbook digital. Setelah itu, dilakukan uji validasi ahli materi dan media serta uji kelayakan responden. Hasil dari uji validasi ahli materi mendapatkan persentase sebesar 88% dan 100% dari hasil validasi ahli media. Sedangkan untuk uji kelayakan dilakukan 2 tahap yaitu uji perorangan dan uji kelompok kecil. Hasil dari uji kelayakan perorangan mendapatkan rata-rata sebesar 97% dari 3 orang responden. kemudian hasil dari uji kelayakan kelompok kecil mendapatkan rata-rata keseluruhan sebesar 93%. Kemudian media diimplementasikan dan dilakukan uji latihan soal untuk melihat efektivitasnya. Uji latihan soal mendapatkan hasil yang cukup baik. Berdasarkan hasil yang didapatkan, secara keseluruhan media pembelajaran flipbook digital yang dikembangkan dapat dinyatakan sangat layak dan dapat digunakan secara nyata. ***** This research aims to produce additional learning resources for students with flipbook on laundry subjects. The method used in this research is Research and Development (R&D) using the ADDIE model, Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The research began by analyzing the problems and needs of students for additional learning resources related to theory in laundry subjects. Then next stage is the design stage with media design and creating a storyboard. Next, the development stage is carried out by creating a digital flipbook. After that, validation tests were carried out by material experts, media experts and respondent suitability tests. The results of the material expert validation test obtained a percentage of 88% and 100% of the media expert validation results. Meanwhile, the feasibility test is an individual test and a small group test. The results of the individual feasibility test got 97% from three respondents, then the results of the small group feasibility test got an overall average of 93%. The flipbook was tested for effectiveness through a quiz, and it achieved positive results. Based on the results obtained, overall the digital flipbook learning media can be declared very appropriate and can be used.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Mulyati, M.Si. ; 2). Jaka Marsita, M.Par.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FT > S1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: Febryanti Peedro Widyasari .
Date Deposited: 30 Jan 2024 00:48
Last Modified: 30 Jan 2024 00:48
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43603

Actions (login required)

View Item View Item