PENGGUNAAN MEDIA PAPAN PINTAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN PADA SISWA TUNARUNGU KELAS 1 SDLB-B PANGUDI LUHUR JAKARTA BARAT

AUDI SYIFA SALSABILA, . (2024) PENGGUNAAN MEDIA PAPAN PINTAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN PADA SISWA TUNARUNGU KELAS 1 SDLB-B PANGUDI LUHUR JAKARTA BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf.pdf

Download (612kB)
[img] Text
BAB 2.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (833kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (774kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (804kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (517kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di SDLB-B Pangudi Luhur. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan operasi hitung penjumlahan siswa tunarungu dengan menggunakan media papan pintar. Penelitian ini menggunakan desain Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari tiga tahapan yaitu, perencanaan, tindakan dan pengamatan, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah 3 siswa kelas 1A SDLB-B Pangudi Luhur. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan Teknik tes dan observasi. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif dilakukan melalui observasi, catatan, maupun dokumentasi pada saat proses tindakan dilakukan. Sedangkan analisis data kuantitatif dilakukan dengan membandingkan kemampuan siswa saat sebelum dilakukan tindakan dengan setelah dilakukan tindakan pada hasil setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media papan pintar pada siswa tunarungu kelas I di SDLB-B Pangudi Luhur Jakarta Barat mencapai target yang disepakati pada siklus II. Siswa mengalami peningkatan nilai dengan kenaikan 40 sampai 60 poin, hal tersebut menunjukkan bahwa dengan metode maternal reflektif dibantu media papan pintar mampu meningkatkan kemampuan operasi hitung penjumlahan pada siswa tunarungu kelas I. ***** This study research uses the Classroom Action Research (PTK) method at SDLB-B Pangudi Luhur. The purpose of this research is to improve the ability of addition calculation operation of children with hearing impairement using media papan pintar. This research used Kemmis and Mc. Taggart design which consists of three stages, namely, planning, action and observation, and reflection. The subjects of this study were 3 students of class 1A SDLB-B Pangudi Luhur. Data collection techniques were carried out with test and observation techniques. Data analysis used in this research is qualitative and quantitative data analysis techniques. Qualitative data analysis was carried out through observation, notes, and documentation during the action process. While quantitative data analysis was carried out by comparing students abilities before action with after action on the results of each cycle. The results showed that the use of media papan pintar for children with hearing impairement in class I at SDLB-B Pangudi Luhur West Jakarta reached the agreed target in cycle II. Students experienced an increase in scores with an increase of 40 to 60 points, it shows that with the reflective maternal method assisted by smart board media is able to improve the ability of addition calculation operations on deaf students in class I.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Totok Bintoro, M.Pd. ; 2). Dr. Lalan Erlani, M.Ed.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 21210 not found.
Date Deposited: 29 Jan 2024 05:26
Last Modified: 29 Jan 2024 05:26
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43611

Actions (login required)

View Item View Item