STRATEGI PEMBELAJARAN VOKASIONAL TATA BOGA MAIN COURSE TINGKAT SMA BAGI PESERTA DIDIK HAMBATAN INTELEKTUAL RINGAN DI SLB NEGERI 12 JAKARTA

FIKRI WIDAYANTO, . (2024) STRATEGI PEMBELAJARAN VOKASIONAL TATA BOGA MAIN COURSE TINGKAT SMA BAGI PESERTA DIDIK HAMBATAN INTELEKTUAL RINGAN DI SLB NEGERI 12 JAKARTA. Sarjana thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (369kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (259kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi dan metode pembelajaran tata boga main course tingkat SMA bagi peserta didik hambatan intelektual ringan. Subjek penelitian ini adalah pembelajaran tata boga main course tingkat SMA bagi peserta didik hambatan intelektual ringan di SLB Negeri 12 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi serta dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa guru menggunakan strategi pembelajaran campuran seperti strategi pembelajaran langsung, strategi pembelajaran melalui pengalaman, strategi pembelajaran interaktif, dan strategi pembelajaran mandiri, metode yang digunakan bervariasi seperti metode pembelajaran drill, demonstrasi, ceramah, dan metode pembelajaran diskusi. Faktor pendukung utama dari berjalannya strategi pembelajaran vokasional tata boga main course di SLB Negeri 12 yang guru laksanakan adalah guru yang profesional dalam bidangnya dan sesuai dengan latar belakang dari guru yang mengajar sehingga membantu memaksimalkan proses pembelajaran. Faktor penghambatnya adalah lingkungan yang kurang mendukung, tempat pembelajaran, kondisi peserta didik serta terdapat orang tua murid yang kurang kooperatif. Kata Kunci: Hambatan Intelektual Ringan, Tata Boga Main Course, Strategi Pembelajaran, Metode Pembelajaran. ***** ABSTRACT This research aims to describe strategies and methods for learning high school main course culinary arts for students with mild intellectual disabilities. The subject of this research is high school level main course culinary learning for students with mild intellectual disabilities at SLB Negeri 12 Jakarta. This research uses a descriptive method with a qualitative approach. Data collection was carried out through observation, interviews and documentation and analyzed using the Miles and Huberman model. The research results show that teachers use mixed learning strategies such as direct learning strategies, experiential learning strategies, interactive learning strategies, and independent learning strategies. The methods used vary, such as drill learning methods, demonstrations, lectures, and discussion learning methods. The main supporting factor in implementing the main course culinary vocational learning strategy at SLB Negeri 12 that the teacher implements is a teacher who is professional in his field and in accordance with the background of the teacher who teaches, thereby helping to maximize the learning process. The inhibiting factors are a less supportive environment, the learning place, the condition of the students and parents who are less cooperative. Keywords: Mild Intellectual Barriers, Main Culinary Course, Learning Strategy, Learning Method.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Trisna Mulyeni, M.Sc. ; 2). Dr. Indra Jaya, M.Pd.
Subjects: Karya Umum > Karya Tulis Perguruan TInggi
Pendidikan > Pendidikan Khusus > Bimbingan Siswa dan Penyuluhan
Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Fikri Widayanto .
Date Deposited: 29 Jan 2024 06:09
Last Modified: 29 Jan 2024 06:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43629

Actions (login required)

View Item View Item