PENGARUH TERPAAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT BCA “TOLAK DENGAN ANGGUN” DI YOUTUBE TERHADAP SIKAP MAHASISWA DALAM MENGHINDARI MODUS PENIPUAN ONLINE (STUDI KUANTITATIF PADA MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA)

LAYLA SALMA, . (2024) PENGARUH TERPAAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT BCA “TOLAK DENGAN ANGGUN” DI YOUTUBE TERHADAP SIKAP MAHASISWA DALAM MENGHINDARI MODUS PENIPUAN ONLINE (STUDI KUANTITATIF PADA MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (792kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (651kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (311kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (734kB) | Request a copy

Abstract

Era new media atau media baru telah memberikan pengaruh yang besar dalam merubah pola kehidupan manusia sehari-hari. Namun, masifnya pemanfaatan media baru ternyata tidak hanya membawa dampak positif, melainkan juga membawa dampak negatif yaitu munculnya bentuk kejahatan-kejahatan baru berbasis teknologi salah satunya yaitu tindakan penipuan online. Kasus penipuan online di Indonesia saat ini terus meningkat dan memakan semakin banyak korban. Maraknya tindakan penipuan online ini salah satunya disebabkan oleh rendahnya tingkat kesadaran dan pengetahuan masyarakat terhadap pentingnya menjaga kerahasiaan dan keamanan data pribadi. BCA sebagai salah satu perusahaan perbankan dengan jumlah nasabah terbanyak di Indonesia mengambil langkah mengajak masyarakat untuk berhati-hati terhadap berbagai ancaman modus penipuan melalui tayangan Iklan Layanan Masyarakat berjudul “Tolak Dengan Anggun” di Youtube. Melalui tayangan iklan layanan masyarakat tersebut, BCA berupaya mengedukasi masyarakat agar dapat bertindak lebih kritis terhadap berbagai modus penipuan online. Penelitian ini memiliki dua variabel yaitu Terpaan Iklan sebagai variabel bebas dan Sikap sebagai variabel terikat. Variabel Terpaan Iklan diukur menggunakan dua dimensi pengukuran yaitu frekuensi dan durasi. Sedangkan variabel Sikap diukur menggunakan tiga dimensi pengukuran yaitu afektif, konatif dan behavioral. Teori yang melandasi penelitian ini ialah teori Kognitif Sosial oleh Albert Bandura. Teori ini mempelajari efek dari media massa pada khalayak individu yaitu mengenai bagaimana proses belajar seseorang dalam meniru apa yang dilihat dari media. Penelitian ini menggunakan paradigma positivisme dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah penelitian eksplanatif dengan metode survei. Adapun populasi dalam penelitian ini ialah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 3.667 orang. Teknik penarikan sampel yang digunakan pada penelitian ini ialah purposive sampling dengan jumlah sampel 97 orang menyesuaikan dengan kriteria yang dibutuhkan oleh peneliti. Analisis univariat pada penelitian ini dapat dilihat pada tabel-tabel distribusi frekuensi, sedangkan analisis bivariat pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana, uji signifikansi parsial (uji t) dan analisis koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh terpaan iklan layanan masyarakat BCA “Tolak Dengan Anggun” di Youtube terhadap sikap mahasiswa dalam menghindari modus penipuan online. Hal ini mengartikan bahwa /Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial UNJ mendapatkan terpaan tayangan iklan tersebut dengan frekuensi dan durasi tertentu sehingga menimbulkan dampak yaitu terbentuknya sikap dalam menghindari modus penipuan online pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta. Adapun saran yang diberikan oleh peneliti untuk pihak perusahaan yaitu agar mampu memproduksi iklan layanan masyarakat dengan durasi yang lebih singkat namun dapat mencakup keseluruhan informasi. Adapun saran peneliti untuk masyarakat yaitu agar meningkatkan kepeduliannya terhadap orang lain dengan membagikan informasi mengenai modus penipuan online sehingga semakin banyak masyarakat yang memiliki kesadaran dan pemahaman terkait pentingnya menjaga keamanan data pribadi agar terhindar dari modus penipuan online. Kata kunci: Iklan Layanan Masyarakat, Terpaan Iklan, Modus Penipuan Online *** The new media era had a big influence in changing the patterns of daily human life. However, the massive use of new media not only has a positive impact, but also has a negative impact, namely the emergence of new forms of technology-based crimes, one of which is online fraud. Cases of online fraud in Indonesia continue to increase and claim more and more victims. One of the reasons for the rise in online fraud is the low level of public awareness and knowledge of the importance of maintaining the confidentiality and security of personal data. BCA, as one of the banking service providers with the largest number of customers in Indonesia, has taken steps to encourage the public to be careful about various threats of fraud through the broadcast of a Public Service Advertisement entitled “Tolak Dengan Anggun”. Through these public service advertisements, BCA seeks to educate the public so that they can act more critically towards various modes of online fraud. This research has two variables, namely Advertising Exposure as the independent variable and Attitude as the dependent variable. The advertising exposure variable is measured using two measurement dimensions, namely frequency and duration. Meanwhile, the Attitude variable is measured using three measurement dimensions, namely affective, conative and behavioral. The theory underlying this research is Social Cognitive theory by Albert Bandura. This theory studies the effects of mass media on individual audiences, how a person's learning process imitates what is seen in the media. This research uses a positivism paradigm with a quantitative research approach. The type of research used in this research is explanatory research with a survey method. The population in this research is students from the Faculty of Social Sciences, Jakarta State University for the 2023/2024 academic year, totaling 3,667 people. The sampling technique used in this research was purposive sampling with a sample size of 97 people according to the criteria required by the researcher. Univariate analysis in this research can be seen in frequency distribution tables, while Bivariate analysis in this research uses simple linear regression analysis, partial significance test (t test) and analysis of the coefficient of determination (R Square). The results of this research show that there is an influence of exposure to BCA’s public service advertisement "Tolak Dengan Anggun" on YouTube on students' attitudes in avoiding online fraud. This means that students at the Faculty of Social Sciences, UNJ, are exposed to these advertisements with certain frequency and duration, giving rise to the impact of forming attitudes in avoiding online fraud modes among students at the Faculty of Social Sciences, Jakarta State University. The suggestions given by researcher’s to companies is to be able to produce public service advertisements with a shorter duration but can cover all the information and the researcher’s suggestion for the public is to increase their concern for other people by sharing information about online fraud modes so that more and more people will have awareness and understanding regarding The importance of maintaining the security of personal data to avoid online fraud. Keywords: Public Service Advertisements, Advertising Exposure, Online Fraud Mode

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Elisabeth Nugrahaeni Prananingrum M.Si. ; 2). Dr. Kinkin Yuliaty Subarsa Putri
Subjects: Ilmu Sosial > Kondisi Sosial,Masalah Sosial,Reformasi Sosial
Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: FIS > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Users 21288 not found.
Date Deposited: 29 Jan 2024 06:32
Last Modified: 29 Jan 2024 06:32
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43632

Actions (login required)

View Item View Item