MUHAMMAD HANIFAN FADHLAN, . (2024) PENGARUH MEDIA SOSIAL TIKTOK @INDOSIAR_SPORTS TERHADAP SIKAP FOLLOWERS PADA TAYANGAN LIGA 1 INDONESIA (SURVEI PADA KONTEN VIDEO PERSIB VS PERSIJA 31 MARET 2023). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (331kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (536kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (481kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (824kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (304kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (358kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Tragedi Kanjuruhan menyebabkan terhentinya tayangan Liga 1 Indonesia. Tragedi tersebut juga menyebabkan penurunan perkembangan media sosial TikTok @indosiar_sports yang merupakan media promosi tayangan Liga 1 Indonesia. Setelah Tayangan Liga 1 Indonesia kembali ditayangankan kembali terjadi peningkatan pada media sosial TikTok @indosiar_sports tetapi secara angka tidak dapat dikorelasikan pengaruh media sosial TikTok @indosiar_sports dengan kenaikan jumlah penonton tayangan Liga 1 Indonesia. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh media sosial TikTok @indosiar_sports terhadap sikap followers pada tayangan Liga 1 Indonesia yang surveinya dilakukan dengan pada konten video Persib vs Persija 31 Maret 2023. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori reasoned action yang digunakan untuk menjabarkan pengaruh pada perilaku individu yang melibatkan pengambilan keputusan secara sadar. Variabel independen penelitian ini adalah media sosial yang memiliki empat dimensi self-presentation yang mewakili interkasi sosial pengguna media sosial untuk mengontrol kesan, self-disclosure yang mewakili pengungkapan detail pribadi pengguna secara sadar atau tidak sadar, social presence yang mewakili kedekatan dan keintiman lewat media, dan media richness yang mewakili jumlah informasi yang diberikan serta kemampuan mereproduksi informasi. Sedangkan untuk variabel dependen pada penelitian ini adalah sikap yang memiliki tiga dimensi cognitive component yang mewakili pengetahuan dan persepsi mengenai objek sikap, affective component yang mewakili perasaan dan emosi pada objek sikap, dan conative component yang mewakili perilaku dan tindakan pada objek sikap. Paradigma yang digunakan pada penelitian ini adalah positivisme dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan jenis penelitian eksplanatif yang digunakan untuk menjelaskan bagaimana pengaruh media sosial TikTok @indosiar_sports terhadap sikap followers. Populasi penelitian ini adalah followers akun TikTok @indosiar_sports pada 1 Juli 2023 sebanyak 4.100.000 akun dengan total jumlah sampel 100 followers media sosial TikTok @indosiar_sports yang menonton konten Persib vs Persija 31 Maret 2023. Untuk analisis data penelitian ini menggunakan analisis univariate dan bivariat. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh dari media sosial TikTok @indosiar_sports khususnya pada dimensi media richness berpengaruh terhadap sikap followers pada tayangan Liga 1 Indonesia khususnya pada dimensi cognitive component berupa pengetahuan dan persepsi mengenai tayangan Liga 1 Indonesia. Dari segi media sosial, media richness merupakan dimensi yang memberikan pengaruh terbesar sedangkan self-presentation berupa interaksi pengguna dalam mengontrol kesan yang pada penelitian ini adalah interaksi dari akun @indosiar_sports pada kolom komentar adalah dimensi yang memberikan pengaruh terendah terhadap sikap. Dari variabel sikap, cognitive component merupakan dimensi yang paling terpengaruh media sosial sedangkan conative component yang memuat perilaku dan tindakan dari followers pada tayangan Liga 1 Indonesia merupakan dimensi yang paling tidak terpengaruh konten media sosial TikTok @indosiar_sports. Dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa media sosial TikTok @indosiar_sports khususnya pada produksi dan reproduksi konten Liga 1 Indonesia telah terbukti berpengaruh cukup kuat terhadap sikap followers khusunya pada pengetahuan dan persepsi mengenai tayangan Liga 1 Indonesia. Saran peneliti untuk pihak media sosial @indosiar_sports adalah untuk tanggap dalam menanggapi komentar yang diberikan pada unggahan dan menggunakan ragam jenis konten baru untuk mempengaruhi sikap pada pengikutnya. Kata Kunci: Media Baru, Media Sosial, Sikap *** The Kanjuruhan tragedy caused the Indonesian League 1 broadcast to stop. This tragedy also caused a decline in the development of social media TikTok @indosiar_sports, which is a promotional media for Indonesian League 1 broadcasts. After the Indonesian League 1 broadcast was broadcast again, there was an increase in social media TikTok @indosiar_sports but in terms of numbers it cannot be correlated the influence of social media TikTok @indosiar_sports with the increase in the number of viewers of the Indonesian League 1 broadcast. Therefore, this research was conducted to find out how the social media TikTok @indosiar_sports influences followers' attitudes towards Indonesian League 1 broadcasts, the survey of which was conducted using the video content of Persib vs Persija 31 March 2023. The theory used in this research is reasoned action theory which is used to explain the influence on individual behavior that involves conscious decision making. The independent variables of this research are social media which has four dimensions of self-presentation which represents the social interaction of social media users to control impressions, self-disclosure which represents the user's conscious or unconscious disclosure of personal details, social presence which represents closeness and intimacy through media, and media richness which represents the amount of information provided and the ability to reproduce the information. Meanwhile, the dependent variable in this research is attitude which has three dimensions, a cognitive component which represents knowledge and perception about the attitude object, an affective component which represents feelings and emotions towards the attitude object, and a conative component which represents behavior and actions towards the attitude object. The paradigm used in this research is positivism with a quantitative research approach. The method used is a survey method with a type of explanatory research which is used to explain how the social media TikTok @indosiar_sports influences followers' attitudes. The population of this research is 4,100,000 followers of the TikTok @indosiar_sports account on July 1 2023 with a total sample size of 100 followers of the TikTok @indosiar_sports social media who watched Persib vs Persija content on March 31 2023. For data analysis, this research uses univariate and bivariate analysis. The results of this research show that there is an influence from social media TikTok @indosiar_sports, especially in the media richness dimension, which influences followers' attitudes towards Indonesian League 1 broadcasts, especially in the cognitive component dimension in the form of knowledge and perceptions regarding Indonesian League 1 broadcasts. In terms of social media, media richness is the dimension that has the greatest influence, while self-presentation in the form of user interaction in controlling impressions, which in this research is the interaction from the @indosiar_sports account in the comment’s column, is the dimension that has the lowest influence on attitudes. Of the attitude variables, the cognitive component is the dimension that is most influenced by social media, while the conative component which contains the behavior and actions of followers on Indonesian League 1 broadcasts is the dimension that is least influenced by the TikTok @indosiar_sports social media content. From this research it can be concluded that the social media TikTok @indosiar_sports, especially in the production and reproduction of Indonesian League 1 content, has been proven to have a strong influence on followers' attitudes, especially on knowledge and perceptions regarding Indonesian League 1 broadcasts . The researcher's advice to social media @indosiar_sports is to be responsive in responding to comments given on uploads and use a variety of new types of content to influence the attitudes of their followers. Keywords: New Media, Social Media, Attitude
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Elisabeth Nugrahaeni Prananingrum, M.Si ; 2). Marisa Puspita Sary, M.Si |
Subjects: | Karya Umum > Jurnalisme, Media Berita, Penerbitan Manajemen > Perilaku Konsumen |
Divisions: | FIS > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Users 21400 not found. |
Date Deposited: | 29 Jan 2024 06:40 |
Last Modified: | 29 Jan 2024 06:40 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43641 |
Actions (login required)
View Item |