MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI STORY MAPPING PADA SISWA KESULITAN BELAJAR KELAS IV DI SD PANTARA

SITI RADITYA FATHIATI, . (2024) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI STORY MAPPING PADA SISWA KESULITAN BELAJAR KELAS IV DI SD PANTARA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (803kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (645kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kesulitan belajar kelas IV di SD Pantara. Subjek dalam penelitian ini adalah 4 siswa yang mengalami kesulitan belajar membaca pemahaman literal. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas, dengan desain penelitian Kemmis dan Taggart. Tahapan dalam penelitian ini terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan dan pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Analisis yang digunakan pada data ini adalah teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi story mapping dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman literal siswa kesulitan belajar kelas IV di SD Pantara. Peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa terlihat dari hasil belajar membaca pemahaman literal pada aspek perincian dan urutan serta ditunjukkan dengan persentase nilai rata-rata siswa sebelum dilakukan tindakan yaitu 35%, setelah dilakukan tindakan siklus I meningkat menjadi 47.5% dan setelah dilakukan tindakan siklus II meningkat menjadi 80%. Kesimpulan pada penelitian ini adalah strategi story mapping dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman literal siswa kesulitan belajar kelas IV di SD pantara. ***** This research aims to enhance the reading comprehension skills of fourth-grade students with learning difficulties at SD Pantara. The subjects are four students facing challenges in literal reading comprehension. The study employs the classroom action research method with Kemmis and Taggart's design, including planning, action and observation, and reflection phases. Data collection involves tests, observation, and documentation, analyzed qualitatively and quantitatively. Results indicate that implementing the story mapping strategy improves literal reading comprehension. The students' average scores increased from 35% before intervention to 47.5% after cycle I and 80% after cycle II. In conclusion, the story mapping strategy effectively enhances literal reading comprehension for fourth-grade students with learning difficulties at SD Pantara.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1. Dr. Hartini Nara, M.Si. ; 2. Riana Bagaskorowati, Ph.D
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 21103 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2024 23:43
Last Modified: 30 Jan 2024 23:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43653

Actions (login required)

View Item View Item