PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI DINAMIKA KEPENDUDUKAN INDONESIA DI KELAS XI SMAN 44 JAKARTA

ANGGA ALVIANSYACH, . (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI DINAMIKA KEPENDUDUKAN INDONESIA DI KELAS XI SMAN 44 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (277kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (815kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (315kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran flipped classroom terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada materi dinamika kependudukan di Indonesia. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Pengambilan data di SMAN 44 Jakarta, dengan peserta didik pada jenjang kelas XI. Untuk kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran flipped classroom dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Data yang diperoleh berasal dari nilai pre-test dan post-test yang diberikan di kedua kelas dengan masa pengambilan data selama 3 pertemuan. Uji pra-syarat analisis data menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Untuk teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah Uji T Independent Sample T-Test. Hasil menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan pada rata-rata hasil belajar peserta didik di kelas eksperimen dari 39,44 menjadi 75,27 sedangkan untuk kelas kontrol diperoleh nilai 38,47 menjadi 63,47. Kesimpulan pada penelitian ini adalah terdapat pengaruh dalam penggunaan model pembelajaran flipped classroom. Hal tersebut dapat dilihat melalui hasil uji beda tidak berpasangan atau Independent Sample T-Test, diperoleh nilai Sig. sebesar 0,00 dan karena nilai Sig lebih kecil dari 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran flipped classroom mempengaruhi hasil belajar kognitif peserta didik pada materi dinamika kependudukan di Indonesia. *** This research aims to determine the effect of the flipped class learning model on student Cognitive Learning Outcomes on population dynamics material in Indonesia. The method used is quantitative with an experimental approach. Data collection at SMAN 44 Jakarta, with students at class XI level. For class XI IPS 1 as an experimental class using the flipped class learning model and class XI IPS 3 as a control class using a conventional learning model. The data obtained came from pre-test and post-test scores given in both classes with a data collection period of 3 meetings. Test the pre-requisites for data analysis using normality and homogeneity tests. The data analysis technique used in this research is the Independent Sample T-Test. The results show that there is a significant influence on the average learning outcomes of students in the experimental class from 39.44 to 75.27, while for the control class the score was 38.47 to 63.47. The conclusion of this research is that there is an influence in using the flipped class learning model. This can be seen through the results of the unpaired difference test or Independent Sample T-Test, the Sig value obtained. is 0.00 and because the Sig value is smaller than 0.05, it can be concluded that the application of the flipped class learning model influences students' cognitive learning outcomes on population dynamics material in Indonesia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Aris Munandar, S.Pd., M.Si ; 2). Sony Nugratama Hijrawadi, S.Pd., M.Si
Subjects: Geografi, Antropologi > Geografi
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 21028 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2024 05:24
Last Modified: 30 Jan 2024 05:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43686

Actions (login required)

View Item View Item