PENINGKATAN PENGETAHUAN MITIGASI BENCANA BANJIR DENGAN BERMAIN PERAN PADA SISWA SDN BIDARACINA 05 KELURAHAN BIDARA CINA

SILVIA WIDYARINI, . (2024) PENINGKATAN PENGETAHUAN MITIGASI BENCANA BANJIR DENGAN BERMAIN PERAN PADA SISWA SDN BIDARACINA 05 KELURAHAN BIDARA CINA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (852kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (171kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (230kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode bermain peran dapat meningkatkan pengetahuan siswa kelas 5 SDN Bidaracina 05 mengenai mitigasi bencana banjir menggunakan metode kuantitatif dengan pre-experimental design. Teknik pengumpulan data terdiri dari pre-test dan post-test serta observasi pada siswa kelas 5 sebanyak 57 siswa, sehingga pengumpulan sampel yang digunakan ialah sensus atau jenuh yang merupakan populasi pada penelitian. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis kuantitatif deskriptif dengan uji N-gain untuk mengetahui peningkatan pengetahuan siswa dengan bermain peran. Hasilnya menunjukkan bahwa rata-rata nilai pre-test yaitu 57,2 dan rata-rata nilai post-test sebesar 84,7 sehingga menunjukkan adanya peningkatan sebesar 28%. Berdasarkan perhitungan N-gain dari nilai pre-test dan post-test seluruh siswa tersebut menunjukkan hasil sebesar 0,6898 yang masuk pada kategori sedang berdasarkan kriteria nilai N-Gain yaitu 0,3 ≤ g ≤ 0,7. Maka metode bermain peran dapat meningkatkan pengetahuan mitigasi bencana banjir mengenai aspek pengetahuan bencana, pengetahuan risiko bencana, peringatan dini, partisipasi, perencanaan teknik penyelamatan diri, dan sistem informasi kebencanaan pada siswa kelas 5 SD di SDN Bidaracina 05. Hasil observasi menunjukkan peningkatan pengetahuan siswa disebabkan oleh beberapa faktor antara lain kebebasan memilih peran, kolaborasi antar peran yang baik, dan kegiatan dilaksanakan pada waktu luang tanpa mengganggu kegiatan belajar mengajar di kelas. *** This research aims to determine whether role-playing methods can enhance the knowledge of 5th-grade students at SDN Bidaracina 05 regarding flood disaster mitigation, using a quantitative method with a pre-experimental design. Data collection techniques consist of pre-test, post-test, and observations on 57 students in the 5th grade, utilizing a census or saturation sampling method, representing the population of the study. The analysis technique used is descriptive quantitative analysis with the N-gain test to assess the improvement in students' knowledge through role-playing. The results show that the average pre-test score is 57.2, and the average post-test score is 84.7, indicating an increase of 28%. Based on the N-gain calculation from the pre-test and post-test scores of all students, the result is 0.6898, categorized as moderate according to the N-Gain criteria of 0.3 ≤ g ≤ 0.7. Therefore, the role-playing method can enhance knowledge of flood disaster mitigation, covering aspects of disaster knowledge, disaster risk awareness, early warning, participation, self-rescue planning techniques, and disaster information systems for 5th-grade students at SDN Bidaracina 05. The observation results indicate that the increase in students' knowledge is attributed to factors such as the freedom to choose roles, effective collaboration between roles, and activities conducted during leisure time without disrupting regular classroom teaching.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Rayuna Handawati, S,Si., M.Pd. ; 2). Fauzi Ramadhoan A'Rachman, S.Pd., M.Sc.
Subjects: Geografi, Antropologi > Geografi
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 21157 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2024 05:06
Last Modified: 30 Jan 2024 05:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43699

Actions (login required)

View Item View Item