SATRIA NUR RIZKI, . (2024) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAKAI KEMEJA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIMULASI PADA PESERTA DIDIK HAMBATAN INTELEKTUAL SEDANG TINGKAT SMALB MAWAR PUTIH. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (366kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (356kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (380kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (477kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (162kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (164kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan memakai kemeja dengan menggunakan metode simulasi pada peserta didik hambatan intelektual sedang tingkat SMALB Mawar Putih. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, refleksi dengan proses penelitian (1) Pembelajaran dengan menggunakan metode Simulasi dan (2) merencanakan bentuk tindakan Siklus II dari refleksi Siklus I. Subjek penelitian adalah peserta didik jenjang SMALB Mawar Putih tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 6 orang. Hasil dari penelitian menunjukkan pada siklus I mendapat rata rata nilai 64,1% dari KKM 77% yaitu dengan total 6 orang peserta didik sebanyak 2 orang telah mencapai KKM dan 4 orang belum mencapai KKM. Pada siklus II menunjukkan rata rata nilai 85,8% dari 6 orang peserta didik yang nilainya tuntas melampaui KKM. Dari hasil penelitian tersebut keterampilan memakai kemeja pada peserta didik dengan hasil rata rata 85,8% dari 64,1% maka adanya peningkatan pada hasil belajar. Hal ini menggambarkan bahwa dengan metode simulasi telah berlangsung dengan baik dan dapat menunjang peningkatan pembelajaran bina diri. Oleh sebab itu, guru perlu mengetahui kemampuan dan kebutuhan setiap peserta didik sehingga dapat merencanakan pembelajaran untuk mengembangkan keterampilan memakai kemeja. ***** This research aims to improve the ability to wear shirts using a simulation method for students with moderate intellectual disabilities at the SMALB Mawar Putih level. This research is classroom action research carried out in 2 cycles consisting of 4 stages, namely planning, action, observation, reflection with the research process (1) Learning using the Simulation method and (2) planning the form of action in Cycle II from reflection in Cycle I. Research subjects There are 6 students at the SMALB Mawar Putih level for the 2023/2024 academic year. The results of the research showed that in cycle I, an average score of 64.1% was obtained from the KKM of 77%, namely with a total of 6 students, 2 of whom had reached the KKM and 4 who had not yet reached the KKM. In cycle II, the average score was 85.8% of the 6 students whose scores exceeded the KKM. From the results of this research, students' shirt-wearing skills averaged 85.8% from 64.1%, so there was an increase in learning outcomes. This illustrates that the simulation method has gone well and can support increased self-development learning. Therefore, teachers need to know the abilities and needs of each student so they can plan lessons to develop shirt-wearing skills. Keywords
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Indra Jaya, M.Pd. ; 2). Dr. Lalan Erlani, M.Ed. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar Pendidikan > Pendidikan Khusus |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | Users 21429 not found. |
Date Deposited: | 30 Jan 2024 00:24 |
Last Modified: | 30 Jan 2024 00:24 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43713 |
Actions (login required)
View Item |