AHMAD FAUZAN ARDI, . (2024) DAMPAK PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 139 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (898kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (774kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (857kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (523kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (569kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media sosial instagram pada peserta didik dan dampak yang ditimbulkan dari penggunaan media sosial instagram pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 139 Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui angket atau kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII yang berjumlah 285 peserta didik. Teknik penentuan subjek penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 71 responden yang mengacu pada pedoman Arikunto. Teknik analisis data dengan pendekatan kuantitatif dengan data yang bersumber dari data primer yang kemudian dianalisis dan diukur. Pada penelitian ini dilakukan analisis dengan menggunakan distribusi frekuensi relatif. Berdasarkan analisa data yang sudah dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa: penggunaan media sosial instagram peserta didik kelas VIII memiliki empat aspek yaitu, aspek perhatian dengan rata-rata 59% dengan kategori tinggi, aspek penghayatan dengan rata-rata 61% dengan kategori tinggi, aspek durasi dengan rata-rata 37% dan aspek frekuensi dengan rata-rata 46% dengan masing-masing masuk kategori tinggi. Kemudian aspek paling banyak jumlah presentase penggunaan media sosial instagram pada peserta didik kelas VIII yaitu pada aspek penghayatan. Dari penggunaan media sosial instagram tersebut dapat menimbulkan dampak positif dengan presentase 68% dengan kategori tinggi pada peserta didik kelas VIII yaitu mempermudah kegiatan belajar dengan rata-rata 38% karena dapat digunakan sebagai sarana untuk berdiskusi dengan teman sekolah tentang tugas atau mencari informasi. Kemudian dampak negatifnya dengan presentase 67% kategori tinggi pada peserta didik yaitu terganggunya konsentrasi belajar di sekolah sebesar 22% dan dampak negatif lainnya merusak moral pelajar sebesar 10%. Kata Kunci: Dampak, Penggunaan Media Sosial, Instagram, Peserta Didik *** This research aims to describe the use of instagram social media among students and the impact of using instagram social media on class VIII students at SMP Negeri 139 Jakarta. The method used in this research is descriptive with a quantitative approach. Data collection techniques through questionnaires, interviews and documentation. The population in this study was class VIII students, totaling 285 students. The technique for determining the subjects of this research uses purposive sampling. The sample in this study was 71 respondents who referred to the Arikunto guidelines. Data analysis techniques using a quantitative approach with data sourced from primary data which is then analyzed and measured. In this study, analysis was carried out using relative frequency distribution. Based on the data analysis that has been carried out, it is concluded that: class VIII students' use of social media instagram has four aspects, namely, the attention aspect with an average of 59% in the high category, the appreciation aspect with an average of 61% in the high category, the duration aspect with an average of 37% and the frequency aspect with an average of 46% with each in the high category. Then, the aspect with the highest percentage of use of instagram social media among class VIII students is the appreciation aspect. The use of instagram social media can have a positive impact with a percentage of 68% in the high category for class VIII students, namely making learning activities easier with an average of 38% because it can be used as a means to discuss assignments with school friends or find information. Then the negative impact with a percentage of 67% in the high category on students is disrupting learning concentration at school by 22% and other negative impacts damaging student morale by 10%. Keywords: Impact, Use of Social Media, Instagram, Learners
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Abdul Haris Fatgehipon, M.Si. ; 2). Nurul Istiqomah, M.Pd. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Transportasi Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan IPS |
Depositing User: | Users 21129 not found. |
Date Deposited: | 30 Jan 2024 02:36 |
Last Modified: | 30 Jan 2024 02:36 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43729 |
Actions (login required)
View Item |