PENGARUH SIKAP BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 JAKARTA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI

DINDA AULIA RAHMAN, . (2024) PENGARUH SIKAP BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 JAKARTA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (266kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (698kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (939kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (364kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sikap belajar siswa dengan hasil belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Jakarta pada mata pelajaran Geografi. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Jakarta dan sampel penelitian menggunakan sampel jenuh. Variabel dalam penelitian ini adalah sikap belajar sebagai variabel bebas dan hasil belajar sebagai variabel terikat. Data sikap belajar diperoleh dengan menggunakan kuesioner, dan data hasil belajar diperoleh dengan menggunakan nilai PTS (Penelitian Tengah Semester) siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis regresi linear untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan sikap belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Jakarta pada mata pelajaran geografi. Hasil analisis regresi linear menghasilkan persamaan regresi linear sederhana Y = 64,330 + 0,193X yang memiliki arti bahwa jika sikap belajar pada siswa meningkat, maka akan memiliki pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa. *** This research explores the correlation between learning attitudes and learning outcomes in Geography among 11th-grade students in SMA Negeri 1 Jakarta. The study adopted a correlational research type and employed a saturation sampling technique, with all 11th-grade Social Science (IPS) students at SMA Negeri 1 Jakarta as the population. The variables were learning attitude as the independent variable and learning outcome as the dependent variable. Data on learning attitudes were collected using a questionnaire, while data on learning outcomes were based on Mid-Semester Exam (PTS) scores. The hypotheses were tested using a linear regression analysis. The findings indicated a significant influence of learning attitudes on the learning outcomes of 11th-grade Social Science students in Geography at SMA Negeri 1 Jakarta. The linear regression analysis produced a simple linear regression equation: Y = 64.330 + 0.193X. It implied that fostering positive learning attitudes can improve the learning outcomes of students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ilham Badaruddin Mataburu, M.Si. ; 2). Lia Kusumawati, S.Si., M.Eng.
Subjects: Geografi, Antropologi > Geografi
Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 21007 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2024 01:47
Last Modified: 30 Jan 2024 01:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43741

Actions (login required)

View Item View Item