MENURUNKAN PERILAKU HIPERAKTIF DENGAN MENGGUNAKAN TOKEN EKONOMI PADA ANAK DENGAN AUTISME(Penelitian Subjek Tunggal di Maitri School)

NABILLA NURMADINA, . (2024) MENURUNKAN PERILAKU HIPERAKTIF DENGAN MENGGUNAKAN TOKEN EKONOMI PADA ANAK DENGAN AUTISME(Penelitian Subjek Tunggal di Maitri School). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (686kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (825kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (829kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (859kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (614kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menurunkan perilaku hiperaktif dengan menggunakan token ekonomi pada anak dengan autisme di Maitri School Jakarta Timur. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan SSR (Single Subject Research) dan menggunakan desain ABA. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik AR yang bersekolah di Maitri School. AR merupakan peserta didik dengan autisme yang berkomunikasi secara verbal, dan memiliki perilaku hiperaktif seperti berdiri dari tempat duduk dan memukul meja Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis visual dalam kondisi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan teknik token ekonomi mampu menurunkan perilaku hiperaktif pada siswa autisme. Perilaku hiperaktif yang berkurang secara signifikan saat fase intervensi adalah berdiri dari tempat duduk. Hal ini juga disebabkan karena ada lebih dari satu perilaku hiperaktif sehingga penelitian di lapangan menjadi kurang fokus karena adanya hambatan dari luar kelas. ***** This research aims to reduce hyperactive behavior by using economic tokens in children with autism at Maitri School, East Jakarta. The type of research used is quantitative research with the SSR (Single Subject Research) approach and using ABA design. The subjects used in this research were AR students who attended Maitri School. AR is a student with autism who communicates verbally and has hyperactive behavior such as standing up from his seat and hitting the table. Data collection uses observation and documentation techniques. The data analysis technique uses visual analysis under conditions. The results of this study indicate that the implementation of the token economy technique can reduce hyperactive behavior in students with autism. Hyperactive behavior that was reduced significantly during the intervention phase was standing up from a seat. This is also because there is more than one hyperactive behavior so that research in the field becomes less focused due to obstacles from outside the classroom.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Hartini Nara, M.Si. ; 2). Suprihatin, M.Ed.,Ed.D
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 21434 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2024 00:07
Last Modified: 30 Jan 2024 00:07
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43743

Actions (login required)

View Item View Item