PENGARUH TINGKAT KETERBACAAN SOAL TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI WILAYAH DAN TATA RUANG SISWA MAN 9 JAKARTA

MUHSIN HAKIIM, . (2024) PENGARUH TINGKAT KETERBACAAN SOAL TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI WILAYAH DAN TATA RUANG SISWA MAN 9 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 BAB 1.pdf

Download (672kB)
[img] Text
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (818kB) | Request a copy
[img] Text
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (885kB) | Request a copy
[img] Text
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (545kB) | Request a copy
[img] Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (544kB)
[img] Text
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat keterbacaan soal terhadap hasil belajar siswa MAN 9 Jakarta kelas XII IPS 2 pada materi wilayah dan tata ruang. Populasi yang digunakan adalah kelas XII IPS. Sampel yang digunakan adalah kelas XII IPS 2. Metode yang digunakan adalah eksperimen kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan Random Sampling. Data diperoleh dari angket dan tes yang diberikan kepada siswa. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji linieritas, dan uji regresi linier. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan sebelumnya maka dapat diambil kesimpulan yang pertama adalah terdapat perbedaan hasil belajar kognitif dengan menggunakan soal yang memiliki tingkat keterbacaan yang tinggi dan yang tidak. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan hasil yang signifikan antara kelas yang menggunakan soal yang tingkat keterbacaannya tinggi dengan nilai rata-rata sebesar 83,88 dibandingkan kelas yang tidak menggunakan soal yang tidak sebesar 79,86. Penggunaan soal yang memiliki tingkat keterbacaan yang tinggi dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa lebih baik dari pada penggunaan soal yang tidak memiliki tingkat keterbacaan yang tinggi, dengan berdasarkan hasil regresi diperoleh nilai Signifikansi (Sig.) hubungan antara Tingkat Keterbacaan Soal (X) dengan Hasil Belajar Siswa (Y) sebesar 0,000 < 0,05. Maka H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti Terdapat pengaruh Tingkat Keterbacaan Soal Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Wilayah Dan Tata Ruang Siswa MAN 9 Jakarta. Kata Kunci: Tingkat Keterbacaan Soal, Wilayah dan Tata Ruang, Hasil Belajar. *** This research aims to determine the influence of the readability level of questions on the learning outcomes of 12th-grade students in IPS 2 class at MAN 9 Jakarta in the subject of regional and spatial planning. The population used in this study was the 12th-grade IPS class, and the sample used was the IPS 2 class. The method employed was quantitative experimentation, and the sampling technique used was Random Sampling. Data were obtained from questionnaires and tests given to the students. The analysis techniques used included validity testing, reliability testing, normality testing, homogeneity testing, linearity testing, and linear regression testing. Based on the results of data analysis and the previous discussion, the first conclusion drawn is that there is a difference in cognitive learning outcomes using questions with high readability levels compared to those without. The research results indicate a significant difference in outcomes between classes using questions with high readability levels, with an average score of 83.88, compared to classes that did not use questions with an average score of 79.86. The use of questions with high readability levels can improve students' cognitive learning outcomes compared to the use of questions without high readability levels. Based on the regression results, the significance value (Sig.) of the relationship between the Readability Level of Questions (X) and Students' Learning Outcomes (Y) is 0.000 < 0.05. Therefore, H0 is rejected, and Ha is accepted, meaning there is an influence of the Readability Level of Questions on Students' Learning Outcomes in the subject of Regional and Spatial Planning for the 12th-grade students at MAN 9 Jakarta. Keywords: Readability Level of Questions, Regional and Spatial Planning, Learning Outcomes.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Samadi, M.Si ; 2). Prof. Dr. Muzani Jalaluddin, Dipl-Geo, M.Si
Subjects: Geografi, Antropologi > Geografi
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 21035 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2024 01:33
Last Modified: 30 Jan 2024 01:33
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43749

Actions (login required)

View Item View Item