PERBEDAAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KAHOOT! DENGAN POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS X PADA MATERI DINAMIKA ATMOSFER DI SMAN 113 JAKARTA

RANI SEPTIANTI PUTRI, . (2024) PERBEDAAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KAHOOT! DENGAN POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS X PADA MATERI DINAMIKA ATMOSFER DI SMAN 113 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (669kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (964kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (830kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (942kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (728kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan dari penggunaan media pembelajaran Kahoot! dengan PowerPoint terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas X di SMA Negeri 113 Jakarta. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif melalui metode eksperimen semu (quasi experimental) dengan menggunakan Pre-test dan Post-test. Sampel penelitian diambil dengan cara purposive sampling, yakni sampel yang diambil dengan pertimbangan serta kriteria tertentu. Pertimbangan pengambilan sampel didasarkan pada nilai rata-rata PAS semester 1 dengan jumlah siswa yang sama. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu kelas X-2 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran Kahoot! dan kelas X-1 sebagai kelas kontrol yang menggunakan media pembelajaran PowerPoint. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu uji instrumen, uji prasyarat analisis, uji N-Gain dan uji hipotesis. Berdasarkan pengujian, instrumen dinyatakan valid dan reliabel, serta terdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan pengujian dua rata-rata (Independent Sample T-test) menunjukan bahwa hasil Post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol memperoleh nilai taraf signifikan sebesar 0,003 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima karena memenuhi kriteria pengujian yaitu nilai Sig. < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kognitif siswa dengan menggunakan media Kahoot! dan PowerPoint selama proses pembelajaran geografi. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari peningkatan nilai Post-test kelas eksperimen sebesar 31% dan kelas kontrol sebesar 21% serta didukung oleh data uji N-Gain dengan nilai persentase efektivitas media Kahoot! sebesar 60% (cukup efektif) dan media PowerPoint sebesar 39,5% (tidak efektif). *** This research aims to analyze the differences in the use of Kahoot! and PowerPoint as instructional media on the cognitive learning outcomes of 10th-grade students at SMA Negeri 113 Jakarta. The study employs a quantitative design through a quasiexperimental method using Pre-test and Post-test. The research sample was selected through purposive sampling, which involves selecting samples based on specific considerations and criteria. The selection was based on the average scores of the first semester's Periodic Assessment (PAS) with an equal number of students. The research samples consist of Class X-2 as the experimental group using Kahoot! as instructional media and Class X-1 as the control group using PowerPoint. The data analysis techniques used include instrument testing, prerequisite analysis testing, N-Gain testing, and hypothesis testing. Based on the tests, the instruments are declared valid and reliable, and the data distribution is normal and homogeneous. The Independent Sample T-test indicates that the Post-test results of the experimental group and the control group have a significant value of 0.003, meaning that H0 is rejected, and Ha is accepted because it meets the testing criteria with a Sig. value < 0.05. This suggests that there is a difference in cognitive learning outcomes using Kahoot! and PowerPoint during the geography learning process. The difference is evident in the increase in the Post-test scores of the experimental group by 31% and the control group by 21%, supported by N-Gain data showing the effectiveness percentage of Kahoot! as 60% (moderately effective) and PowerPoint as 39.5% (ineffective).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Muhammad Zid, M.Si. ; 2). Dr. Oot Hotimah, S.Pd, M.Si.
Subjects: Geografi, Antropologi > Geografi
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 21023 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2024 06:54
Last Modified: 30 Jan 2024 06:54
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43773

Actions (login required)

View Item View Item