MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGENAL UANG DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN UANG PADA PESERTA DIDIK HAMBATAN INTELEKTUAL SEDANG KELAS X DI SLBN 12 JAKARTA

MUHAMMAD BAGUS SETIAWAN, . (2024) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGENAL UANG DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN UANG PADA PESERTA DIDIK HAMBATAN INTELEKTUAL SEDANG KELAS X DI SLBN 12 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (434kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (253kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (185kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (552kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik hambatan intelektual sedang dalam mengenal mata uang pada peserta didik hambatan intelektual sedang kelas X di SLBN 12 Jakarta yang dilaksanakan pada bulan Oktober sampai November 2023. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian model Mc Kernan yang setiap siklusnya terdiri dari 7 tahap, yaitu definisi masalah, asesmen kebutuhan, hipotesis baru, perbaikan rencana tindakan, implementasi tindakan, evaluasi tindakan, serta keputusan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri dari 4 pertemuan pada setiap siklusnya. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen tes dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penelitian ini mengalami peningkatan yang terlihat adanya peningkatan dimulai dari pra siklus, siklus I dan siklus II serta pada proses pembelajaran peserta didik terlihat aktif dan cukup antusias menggunakan media papan uang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media papan uang dapat meningkatkan kemampuan mengenal mata uang pada peserta didik hambatan intelektual sedang kelas X di SLBN 12 Jakarta. ***** This research aims to improve the ability of students with moderate intellectual disabilities in recognizing currency in students with moderate intellectual disabilities in class the cycle consists of 7 stages, namely problem definition, needs assessment, new hypothesis, improvement of action plans, implementation of actions, evaluation of actions, and decisions. This research was carried out in 2 cycles consisting of 4 meetings in each cycle. Data collection was carried out using test instruments and observation sheets. The results of the research show that this research has experienced an increase that can be seen starting from the pre-cycle, cycle I and cycle II and in the learning process students appear active and quite enthusiastic about using the money board media. The conclusion of this research is that the use of money board media can improve the ability to recognize currency in students with moderate intellectual disabilities in class X at SLBN 12 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Indra Jaya, M.Pd. ; 2). Dr. Trisna Mulyeni, M.Sc.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 21076 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2024 04:29
Last Modified: 30 Jan 2024 04:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43788

Actions (login required)

View Item View Item