PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SANTRI PADA MATERI SOPAN SANTUN DAN KEJUJURAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER DI TPQ AN-NUR

ANNISA FRIEDA LUTHFIAH SHAFHAH, . (2024) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SANTRI PADA MATERI SOPAN SANTUN DAN KEJUJURAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER DI TPQ AN-NUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (763kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (307kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (545kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (889kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (243kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (946kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar santri usia 7-9 tahun pada materi sopan santun dan kejujuran di TPQ An-Nur Jatimulya Bekasi Timur dengan menerapkan media pembelajaran video animasi. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan atau dikenal dengan Action Research dengan model Kemmis dan Mc. Taggart, terdiri dari perencanaan tindakan, pengamatan dan pelaksanaan tindakan, dan refleksi dalam siklus berulang. Data penelitian diperoleh dari lembar pretest dan post test serta hasil pengamatan. Pada siklus I, rata-rata skor santri sebesar 74,2, meningkat menjadi 90,7 pada siklus II. Berdasarkan hasil pretest dan post test yang telah dikerjakan, skor santri mendapati peningkatan sebesar 16,4%. Hasil pengamatan menunjukan peningkatan dalam kehadiran santri, keaktifan santri, ketertiban santri, kefokusan saat pemutaran video, dan kemampuan mandiri dalam mengerjakan lembar post test yang diberikan secara mandiri. Dengan demikian, penerapan media pembelajaran video animasi dapat efektif dalam meningkatkan hasil belajar santri usia 7-9 tahun pada materi sopan santun dan kejujuran santri di TPQ An-Nur Jatimulya Bekasi Timur. ***** This study aims to improve the learning outcomes of students aged 7-9 years on character education material at TPQ An-Nur Jatimulya East Bekasi by applying animated video learning media. The method used is action research or known as Action Research with the Kemmis and Mc. Taggart model, consisting of action planning, observation and implementation of action, and reflection in repeated cycles. Research data were obtained from pretest and post test sheets and observation results. In cycle I, the average score of students was 74.2, increasing to 90.7 in cycle II. Based on the results of the pretest and post-test that have been done, the students' scores have increased by 16.4%. The observation results showed an increase in santri attendance, santri activeness, santri orderliness, focus during video playback, and independent ability to work on post test sheets given independently. Thus, the application of animated video learning media can be effective in improving the learning outcomes of students aged 7-9 years on student character education material at TPQ An-Nur Jatimulya East Bekasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Prof. Dr. Hafid Abbas ; 2) Prof. Dr. Anan Sutisna, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 21391 not found.
Date Deposited: 31 Jan 2024 01:29
Last Modified: 31 Jan 2024 01:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43834

Actions (login required)

View Item View Item