PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PASSING BAWAH BOLA VOLI BERBASIS PERMAINAN PADA SISWA SMP SINAR PENGHARAPAN UTAMA

CYRILLUS RENNO ARI PRASTOWO, . (2024) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PASSING BAWAH BOLA VOLI BERBASIS PERMAINAN PADA SISWA SMP SINAR PENGHARAPAN UTAMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (250kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (637kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (295kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

************ABSTRAK************ Penelitian ini bertujuan membuat model pembelajaran Teknik pasing bawah bola voli berbasis permainan pada Sekolah Menengah Pertama Sinar Pengharapan Utama, diharapkan ddapat menjadi bentuk pembelajaran yang menyenangkan dan menarik bagi peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran permainan bola voli sehingga ddapat menghilangkan rasa bosan dan jenuh dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan ADDIE yang akan menghasilakan produk berupa pembelajaran. Model ADDIE memiliki lima langkah yaitu sebagai berikut (1) analisis (2) Perancangan (3) Pengembangan (4) implementasi (5) evaluasi Pada penelitian ini peneliti bekerja sama dengan ahli bola voli, ahli pembelajaran dan ahli permainan sebagai expert judgment. Uji validasi yang digunakan pada penilaian ini adalah dengan uji Justifikasi ahli, dimana model pembelajaran pasing bawah bola voli berbasis permainan yang telah dibuat kemudian dikonsultasikan dan setelah itu dinilai oleh dosen ahli bola voli, ahli pembelajaran dan ahli permainan, pembuatan awal model pembelajaran pasing bawah bola voli berbasis permainan awalanya adalah 20 model setelah divalidasi dan 20 model tersebut layak untuk ddapat diimplementasikan kepada Peserta didik dengan sampel yang berjumlah 47 siswa di Sekolah Menengah Pertama Sinar pengharapan Utama, Pademangan, Jakarta Utara. Model Pembelajaran pasing bawah bola voli berbasis permainann pada siswa di Sekolah Menengah Pertama Sinar Pengharapan Utama atas ini ddapat menjadi refrensi guru, pembina, dan pelatih dalam melakukan pembelajaran materi bola voli teknik dasar pasing bawah. Hasilpenelitian ini ddapat disimpulkan bahwa setelah melalui uji validasi dengan justifikasi ahli, menghasilkan produk model pembelajaran pasing bawah bola voli berbasis permainan pada siswa Sekolah Menengah Pertama Sinar Pengharapan utama Sebanayak 20 Model. *******ABSTRACT********* The purpose of this study is to develop a model of teaching technique of forearm pass volley ball based on game play at the Junior High School, Sinar Pengharapan Utama. It is hoped that this will be an engaging and stimulating method of instruction for students participating in the game of volley ball so that it can eliminate the boredom and saturation in the learning process. This research uses ADDIE development research that will produce a learning product. The ADDIE model has five steps: (1) analysis (2) design (3) development (4) implementation (5) evaluation In order to obtain expert opinions for this study, the researchers worked with volleyball specialists, apprentices, and gaming experts. The validation test used in this assessment is with the expert justification test, where the model of learning forearms of volleyball based on game has been made and then consulted and then evaluated by the volley lecturers, apprentices and game experts, the initial creation of the model is 20 models after validation and 20 such models are eligible to be implemented to pupils with a sample of 47 students at the Junior high School Sinar pengharapan Utama, Pademangan, North Jakarta. A game-based learning model for students in Junior High School Sinar Pengharapan Utama. This can be the reflection of teachers, coachec, and trainers in the basic learning of the basic technique of the forearm pass volleyball. The results of this study can be concluded that after having passed a validation test with expert justification, produced a learning model forearms pass volleyball based game on a Junior High School Sinar Pengharapan Utama student, there are 20 models of learning model.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Prof. Dr. Samsudin, M.Pd., 2) Dr. Kurnia Tahki, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga > Aneka Olah Raga > Voli
Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: FIO > Pendidikan Jasmani
Depositing User: Users 21519 not found.
Date Deposited: 31 Jan 2024 01:30
Last Modified: 31 Jan 2024 01:30
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43882

Actions (login required)

View Item View Item