EVALUASI PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI DAN PROPERTI DI SMK NEGERI DI JAKARTA

ENDAH SRI WAHYUNI, . (2023) EVALUASI PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI DAN PROPERTI DI SMK NEGERI DI JAKARTA. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (80kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (123kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Praktek Kerja Lapangan (PKL) adalah salah satu bentuk mengaktualisasikan model Pendidikan Sistem Ganda (PSG) yang merupakan karateristik dari Sekolah Kejuruan. Melalui program PKL diharapkan lulusan sekolah kejuruan ataupun pendidikan vokasi lebih siap dalam bekerja sehingga dapat menekan angka pengangguran. Namun dalam kenyataanya pelaksanaan program PKL, khususnya di Indonesia belum mendapatkan hasil yang sesuai dengan tujuan. Ketidaktercapaian tujuan ini dikarenakan adanya kendala yang dihadapi baik oleh pihak sekolah, siswa dan pihak industri. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan pada Program Keahlian Teknik Konstruksi dan Properti di lima SMK di Jakarta yaitu pada SMK Negeri 1 Jakarta, SMK Negeri 35 Jakarta, SMK Negeri 52 Jakarta, SMK Negeri 56 Jakarta, dan SMK Negeri 58 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah Mixed Methods (metode kualitatif dan kuantitatif) dengan jenis penelitian evaluasi (evaluation reseach). Model evaluasi yang digunakan adalah model evaluasi Logic. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII bidang kompetensi Teknik Konstruksi dan Properti SMK Negeri di DKI Jakarta beserta Waka Hubin, PokJa, Pembimbing PKL dan Instruktur dari industri. Sampel yang diambil yaitu 198 orang siswa, 5 orang Waka Hubin, 16 orang pembimbing dari sekolah, dan 5 orang Instruktur dari industri. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode: angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan PKL siswa SMK Negeri di Jakarta Program Keahlian Teknik Kostruksi dan Properti sebagai berikut (1) Berjalan baik dilihat dari komponen input dengan persentase mencapai 84%. (2) Berjalan baik dilihat dari komponen activities dengan persentase sebesar 84%. (3) Berjalan baik dilihat dari komponen output dengan persentase keseluruhan mencapai 81%. (4) Berjalan cukup baik dilihat dari komponen outcome (Short-term) dengan persentase sebesar 76%. (5) Berjalan kurang baik dilihat dari komponen outcome (Long-term) dengan persentase sebesar 64%. (6) Rata-rata sejumlah siswa lulusan lama sudah bekerja dan melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi, sebagian siswa lainnya yang baru lulus belum bekerja dilihat dari komponen impact atau dampak dengan perolehan presentase sebesar 75% termasuk kategori cukup. Dari hasil penelitian, penulis memberikan beberapa rekomendasi yaitu: (1) Wakil Kepala Bidang Kurikulum bersama guru supaya membuat perencanaan pembelajaran yang mengacu pada peningkatan kompetensi softkill dan hardskill, (2) Wakil Kepala Sekolah Bidang Hubungan Dunia Usaha dan Dunia Industri supaya membuat suatu aplikasi yang dapat digunakan untuk merekam seluruh kegiatan siswa selama PKL, (3) Wakil Kepala Sekolah Bidang Hubungan Dunia Usaha dan Dunia Industri bersama dengan tim Bursa Kerja Khusus (BKK) yang ada di sekolah supaya melaksanakan penelusuran tamatan setiap tahun dengan data yang lebih rinci dan akurat, (4) Guru pembimbing PKL dari sekolah supaya melaksanakan kegiatan monitoring secara lebih rinci terkait dengan kompetensi softkill, (5) Guru Pembimbing supaya memastikan siswa membuat dokumentasi terkait pelaksanaan kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL), (6) Guru pembimbing supaya memastikan semua siswa yang telah melaksanakan PKL membuat laporan kegiatan PKL dan mempresentasikan laporan PKL, (7) Pihak industri ikut terlibat dalam kegiatan singkronisasi kurikulum, (8) Instruktur dari industri supaya mendokumentasikan terkait rencana teknis pelaksanaan PKL dan juga semua permasalahan yang terjadi di tempat PKL, (9) Pihak industri supaya memberikan sertifikat keikutsertaan PKL dari industri dan juga sertifikat kompetensi. *****

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1).r. RIYAN ARTHUR, M.Pd. ; 2).Prof. Dr. SOEPRIJANTO, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FT > S2 Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Users 21717 not found.
Date Deposited: 02 Feb 2024 00:24
Last Modified: 02 Feb 2024 00:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44001

Actions (login required)

View Item View Item