PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBENTUK E-BOOK INTERAKTIF UNTUK MATERI FIBER OPTIC KELAS XI TKJ SMKN 22 JAKARTA DENGAN METODE LUTHER-SUTOPO

GIO NANDA SAPUTRA, . (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBENTUK E-BOOK INTERAKTIF UNTUK MATERI FIBER OPTIC KELAS XI TKJ SMKN 22 JAKARTA DENGAN METODE LUTHER-SUTOPO. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (489kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (279kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (578kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (279kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan yang tertulis di dalam Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 pasal 3 bahwa pendidikan memiliki tujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Untuk tercapainya tujuan tersebut, pendidikan harus memiliki komponen-komponen pendukung pembelajaran yang tepat salah satunya yaitu media pembelajaran. Dari hasil observasi dan wawancara, bahwa media pembelajaran untuk materi fiber optic masih bersumber dari bahan ajar kurikulum 2013 yang isinya belum lengkap sesuai dengan capaian pembelajaran yang diterbitkan oleh Kemendikbud untuk kurikulum Merdeka kelas XI kompetensi keahlian TKJ. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan suatu media pembelajaran berbentuk E-Book interaktif untuk materi fiber optic di kelas XI kompetensi keahlian TKJ SMK Negeri 22 Jakarta. Metode pengembangan yang digunakan yaitu Multimedia Development Life Cycle (MDLC) Luther-Sutopo yang terdiri dari enam tahap, yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Pengujian kelayakan produk yang dilakukan oleh ahli materi mendapatkan hasil sebesar 100% yang termasuk ke dalam kategori “Sangat Layak” dan pengujian kelayakan produk yang dilakukan oleh ahli media mendapatkan hasil sebesar 88,89% yang termasuk ke dalam kategori “Sangat Layak”. Sedangkan untuk pengujian produk oleh responden menghasilkan skor rata-rata sebesar 74,70 yang termasuk ke dalam kategori “Acceptable” pada tingkat penerimaan dan “Good” pada tingkat adjective. Berdasarkan hasil penilaian ini, menunjukkan bahwa produk E-Book interaktif dinyatakan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran yang dapat membantu peserta didik kelas XI TKJ SMK Negeri 22 Jakarta dalam proses pembelajaran mengenai materi fiber optic. Kata Kunci: Media Pembelajaran, E-Book Interaktif, Fiber Optic ____________________________________________________________ Based on what is written in Law No. 20 of 2003 article 3 that education has the aim of developing the potential of students to become human beings who believe and fear God Almighty, have noble character, knowledge, capable, creative, independent, and become democratic and responsible citizens. To achieve these goals, education must have the right learning supporting components, one of which is learning media. From observations and interviews, that learning media for fiber optic material is still sourced from teaching materials for the 2013 curriculum whose contents are incomplete in accordance with the learning outcomes published by the Ministry of Education and Culture for the independent curriculum in class 11 expertise competence majoring in network and computer engineering. This development research aims to develop a learning media in the form of an interactive E-Book for fiber optic material for class 11 expertise competence majoring in network and computer engineering at SMK Negeri 22 Jakarta. The development method used is the Luther-Sutopo Multimedia Development Life Cycle (MDLC) which includes six stages, namely concept, design, material collecting, assembly, testing, and distribution. Product feasibility testing conducted by material experts obtained results of 100% which fall into the "Very Eligible" category and product feasibility testing conducted by media experts obtained results of 88.89% which was included in the " Very Eligible " category. Product testing by respondents resulted in an average score of 74.70 which was included in the category "Acceptable" at the acceptance level and "Good" at the adjective level. Based on the results of this assessment, it shows that interactive E-Book products are declared suitable for use as learning media that can help students of class 11 expertise program majoring in network and computer engineering at SMK Negeri 22 Jakarta in the learning process about fiber optic material. Keywords: Learning Media, Interactive E-Books, Fiber Optic

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Muchammad Ficky Duskarnaen, S.T., M.Sc. ; 2). Diat Nurhidayat, S.Pd., M.Ti.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Komputer
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer
Depositing User: Users 21685 not found.
Date Deposited: 31 Jan 2024 06:52
Last Modified: 31 Jan 2024 06:52
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44005

Actions (login required)

View Item View Item