HANI JULIANTI, . (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INOVATIF UNTUK MENSTIMULASI KETERAMPILAN GERAK LOKOMOTOR ANAK USIA 5-6 TAHUN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (483kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (914kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (249kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (122kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran inovatif untuk menstimulasi keterampilan gerak lokomotor anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Penelitian ini menggunakan instrumen kuesioner untuk ulasan ahli dan instrumen evaluasi satu ke satu untuk anak usia 5-6 Tahun. Hasil uji validitas produk oleh ahli materi mendapat nilai akhir sebesar 98,2%. Hasil uji validitas produk oleh ahli media mendapatkan nilai akhir sebesar 93,7%. Hasil uji coba produk pada anak usia 5-6 tahun menghasilkan nilai akhir sebesar 91,6%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran inovatif bernama “MONOPOLI GEMASI (Monopoli Bergerak dan berimajinasi)” memenuhi syarat. Media pembelajaran inovatif ini berhasil dalam menstimulasi keterampilan gerak lokomotor anak usia 5-6 tahun. Media ini dapat memberikan materi aktivitas fisik untuk anak meliputi berjalan, berlari, melompat, meloncat, dan merangkak. Media ini secara praktis dapat digunakan sebagai media pembelajaran di rumah maupun di lembaga pendidikan anak usia dini. ***** This study aims to develop innovative learning media to stimulate the locomotor skills of children aged 5-6 years. This research uses the ADDIE development model (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). This study used a questionnaire instrument for expert review and a one-to-one evaluation instrument for children aged 5-6 years. The results of the product validity test by material experts got a final score of 98.2%. The results of the product validity test by media experts obtained a final score of 93.7%. The results of product trials on children aged 5-6 years resulted in a final value of 91.6%. The results of the study show that an innovative learning media called "GEMASI MONOPOLY (Moving and imagining Monopoly)" meets the requirements. This innovative learning media is successful in stimulating the locomotor movement skills of children aged 5-6 years. This media can provide physical activity material for children including walking, running, jumping, skipping, and crawling. This media can practically be used as a learning medium at home or in early childhood education institutions.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Dra. Yuliani Nurani, M.Pd. ; 2). Niken Pratiwi, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Users 20962 not found. |
Date Deposited: | 01 Feb 2024 01:15 |
Last Modified: | 01 Feb 2024 01:15 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44036 |
Actions (login required)
View Item |