DESAIN DAN PEMBUATAN ALAT BANTU DEREK PADA KENDARAAN SEPEDA MOTOR

WILDAN SETIAWAN, . (2024) DESAIN DAN PEMBUATAN ALAT BANTU DEREK PADA KENDARAAN SEPEDA MOTOR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (243kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (865kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (248kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Studi ini merupakan kelanjutan dari studi sebelumnya yang bertujuan untuk mengubah desain alat bantu derek (towing rope) pada sepeda motor menjadi lebih kuat dan efisien saat dipasang pada kendaraan, sebagai solusi untuk masalah seperti ban bocor dan kerusakan mesin pada kendaraan. Tujuan lainnya adalah memberikan rekomendasi kepada perusahaan tentang kebutuhan akan alat derek pada sepeda motor ini, mempermudah masyarakat dalam menghadapi masalah pada kendaraan mereka dengan cara mengurangi ketergantungan pada metode konvensional, seperti mendorong kendaraan menggunakan kaki. Penelitian ini menggunakan metode teknik rekayasa alat bantu derek menggunakan software dan hasil rekayasa tersebut akan dibandingkan dengan uji performa alat derek tersebut. Pengumpulan data dalam penelitian ini diawali dengan menggunakan perhitungan data awal untuk menentukan tebal plat, diameter baut dan gaya yang terjadi pada saat uji performa alat bantu derek tersebut. Kemudian desain alat bantu derek divisualisasikan menggunakan Software Autodesk Inventor dan dilakukan Stress Analysis untuk mengetahui kekuatan dari alat bantu derek tersebut. Data yang diperoleh akan dibandingkan dengan hasil pengujian performa alat bantu derek sepeda motor secara langsung. Hasil penelitian ini diperoleh alat bantu derek sepeda motor menggunakan bahan baja dengan tebal plat masing-masing yaitu 3 mm. Beban pada tali adalah 180 kg dengan tegangan tarik sebesar 8,16 kg/mm², yang berada di bawah batas izin material. Selatin itu, dalam analisis tegangan diperoleh Safety Factor minimal sebesar 2,72 pada Front Handle dan 7,81 pada Handle Plat, dan hasil pengujian performa deformasi tertinggi yaitu 3 mm dari jarak awal yang tidak melebihi deformasi maksimal yaitu 5 mm, sehingga dapat disimpulkan bahwa alat bantu derek sepeda motor ini aman untuk aplikasikan dan digunakan. Kata Kunci : Sepeda Motor, Stress Analysis, Towing Rope ***** ABSTRACT This study is a continuation of previous study aimed at redesigning the towing tool on motorcycles to make it sturdier and more efficient when installed on vehicles, providing a solution for issues like flat tires and engine malfunction. Another objective is to offer rekommendations to companies regarding the necessity of this motorcycle towing tool, making it easier for the community to deal with vehicle issues by reducing reliance on convetional methods such as manually pushing the vehicle. The approach employed in this research is technical engineering of crane equipment using software and the engineering result will be compared with performance tests of the crane equipment. The data collection technique in this research begins with initial data calculations to determine the plate thickness, bolt diameter and forces that occur when testing the performance of crane tool. Then the design of the crane aids was visualized using Autodesk Inventor Software and a Stress Analysis was conducted to ascertain the strength of the crane aids. The data obtained will be compared with the result of direct testing of the performance of motorbike towing aids. The results of this research obtained that a motorbike towing tool uses steel with a plate thickness of 3 mm each. The ropes carries a load of 180 kg with a tensile stress of 8,16 kg/mm², which remains below the permissible material limit. Moreover, the stress analysis indicates a minimum safety factor of 2,72 for the Front Handle and 7,81 for the Plate Handle was obtained, and the highest deformation performance test result were 3 mm from the initial distance which did not exceed the maximum deformation namely 5 mm. Therefore, it can be inferred that this tool motorbike towing aid is safe to apply and use. Keywords : Motorcycle, Stress Analysis, Towing Rope

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Eng Agung Premono, M.T ; 2). Ahmad Lubi, M.Pd, M.T
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik
Teknologi dan Ilmu Terapan > Otomotif, Astronotika
Teknologi dan Ilmu Terapan > Manufaktur
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 21716 not found.
Date Deposited: 01 Feb 2024 05:36
Last Modified: 01 Feb 2024 05:36
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44068

Actions (login required)

View Item View Item