PENGARUH E-BOOK FASHION PRODUCT PORTFOLIO TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA

SISKA ANDRIANI, . (2024) PENGARUH E-BOOK FASHION PRODUCT PORTFOLIO TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (510kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (65kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-book Fashion Product Portfolio terhadap motivasi belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, desain penelitian pre-experiment tipe intact group comparison. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Desain Mode yang sedang mengambil mata kuliah Portofolio tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 43 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Uji validitas yang digunakan adalah uji validitas konstruk. Teknik analisis yang digunakan adalah uji chi square. Teori yang digunakan adalah teori motivasi belajar oleh Frederick J. McDonald. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh e-book Fashion Product Portfolio terhadap motivasi belajar mahasiswa. Hal ini dikarenakan e-book Fashion Product Portfolio merupakan buku elektronik berisi sistematika format portofolio mengenai pembuatan produk busana mulai dari konsep desain sampai dengan realisasi produk yang dapat dibaca dan digunakan kapan saja dan dimana saja menggunakan perangkat elektronik sehingga memudahkan mahasiswa untuk mengerjakan tugas maupun belajar secara mandiri. Keunggulan ini terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar, terutama pada aspek indikator “lebih senang mengerjakan tugas secara mandiri” yang memperoleh persentase tertinggi. Kata Kunci: motivasi belajar, e-book, portofolio.   This study aims to see how the influence of e-book Fashion Product Portfolio on students’ learning motivation. This research is a quantitative approach with an experiment method, pre-experimental design with intact group comparison type. The population in this research are Design Mode’s student that currently took Portfolio subject on 2023/2024 school period with total 43 students. The data collection technique was carried out using a questioner. The validation test used is construct validity test. The analysis technique used is the chi square test. The theory used is the theory of learning motivation by Frederick J. McDonald. The result shows on this study that there is influence on e-book Fashion Product Portfolio on students’ motivation learning. This is caused by e-book Fashion Product Portfolio is an electric book containing a systematic portfolio format regarding the creation of fashion products from design concept to product realization that can be used anywhere and at any time using electronic devices, making it easier for students to do assignments and study independently. This advantage is proven to increase learning motivation, especially in the aspect of the indicator “lebih senang mengerjakan tugas secara mandiri” which obtained the highest percentage. Keyword: learning motivation, e-book, portfolio

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Esty Nurbaity Arrsy, S.Pd., M.KM 2). Dr. phil. Yeni Sesnawati, S.Pd., M.T
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Desain Kostum, Tata Busana > Tata Busana
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 21586 not found.
Date Deposited: 01 Feb 2024 04:50
Last Modified: 01 Feb 2024 04:50
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44081

Actions (login required)

View Item View Item