MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE ROLE PLAY PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KENARI 07 JAKARTA PUSAT

FERA JELITA AMELIA, . (2024) MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE ROLE PLAY PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KENARI 07 JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (280kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (552kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian tindakan ini dijalankan dengan tujuan untuk mengetahui apakah dengan penerapan metode pembelajaran role play dapat meningkatkan keterampilan berbicara (wawancara) siswa di kelas V SD Negeri Kenari 07 Jakarta Pusat. Sampel dalam penelitian ini sendiri adalah keseluruhan siswa kelas V-C SD Negeri Kenari 07 Jakarta yang berjumlah 32 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan (action research). Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengambilan nilai serta observasi saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa metode pembelajaran role play berpengaruh positif terhadap keterampilan berbicara (wawancara) siswa kelas V-C SD Negeri Kenari 07 Jakarta dengan peningkatan sebanyak 88%. Hasil ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran role play dapat menjadi salah satu pilihan guru untuk mengajarkan keterampilan berbicara (wawancara) kepada siswa kelas V. ***** This action research was carried out to find out whether applying the role play learning method could improve students' speaking (interviewing) skills in class V of Kenari 07 Pagi Central Jakarta Public Primary School. The sample in this research was all students in class V-C at Kenari 07 Pagi Central Jakarta Public Primary School, totalling 32 students. The method used in this research is the action research method. Data collection is carried out by taking grades and observing during learning activities. The results of the research show that the role play learning method has a positive effect on the speaking (interview) skills of class V-C students at Kenari 07 Pagi Central Jakarta Public Primary School with an increase of 88%. These results indicate that the role play learning method can be one of the teacher's choices for teaching speaking (interviewing) skills to fifth-grade students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Gusti Yarmi, M.Pd. ; 2). Yofita Sari, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Drama, Teater
Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Seni Pertunjukan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 21275 not found.
Date Deposited: 01 Feb 2024 02:22
Last Modified: 01 Feb 2024 02:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44082

Actions (login required)

View Item View Item