RIVA CHAIRUNNISA, . (2024) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA EKSPRESIF PADA ANAK AUTIS JENJANG SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI SLB MAITRI SCHOOL MELALUI METODE ABA TEKNIK PROMPTING DAN REINFORCEMENT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (301kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (331kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (283kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (603kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (226kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (303kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dimotivasi oleh data observasi yang menunjukkan bahwa adanya kesulitan mengungkapkan keingian pada subjek dengan ganggaun spektrum autisme sehingga membuatnya kesulitan untuk mengungkapkan keinginan untik pergi ke kamar mandi saat diperlukan. Untuk menanggapi masalah tersebut, peneliti melakukan penelitian untuk menentukan pengaruh Teknik Prompting dan Reinforcement Metode ABA dalam meningkatkan kemampuan berbahasa ekspresif pada siswa berusia 13 tahun dengan Autisme di Sekolah Maitri Halim. Penelitian subjek tunggal ini dilakukan dengan desain A-B-A dan setiap data dikumpulkan melalui observasi serta dianalisis dengan analisis kondisi visual. Penelitian ini mengukur kemampuan subjek melalui komunikasi verbal. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa kondisi Baseline kedua (A2) menunjukkan peningkatan dalam kemampuan berbahasa ekspresif pada subjek dengan membandingkan perolehan skor pada kondisi Baseline pertama (A1). Oleh karena itu, peneliti menyimpulkan bahwa Teknik Prompting dan Reinforcement memiliki efek dalam upaya meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif pada siswa dengan autisme, dan disarankan untuk digunakan pada siswa autis guna melatih dan meningkatkan keterampilan permintaan serta menyatakan kebutuhan mereka. ***** This study is motivated by the observation data that showed subject’s expressive language skill on communicating their needs is very low that it troubled them to ask to go to the bathroom when he needed to. To respond that matter, the researcher conducted a research to determinate the effect of Prompting and Reinforcement techniques of Applied Behavior Analysis Method in developing expressive language skill on 13 years old student with Autism Spectrum Disorder at Maitri School Halim. This single subject research was done with A-B-A design and each data collected through observation and analyzed with visual condition analysis. This study measured subject’s expressive language skill through verbal utterance. The result of this research proved the second Baseline condition (A2) showed improvement on subject’s expressive language skill in three aspects compared to the first Baseline condition (A1). Therefore, researcher concluded that Prompting and Reinforcement techniques have an effect in effort to develop expressive language skill on student with autism and prompting, reinforcement techniques are recommended to be applied on autistic student to train and improve their language skill to express their needs.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1.) Dr. Indra Jaya. M.Pd. ; 2.) Suprihatin, M.Ed., Ed. D. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Khusus |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | Users 21593 not found. |
Date Deposited: | 02 Feb 2024 00:03 |
Last Modified: | 02 Feb 2024 00:03 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44103 |
Actions (login required)
View Item |