SIKAP GURU TERHADAP KEBERADAAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH PENYELENGGARA PENDIDIKAN INKLUSIF

SALMATUS SAADAH PUTRI, . (2024) SIKAP GURU TERHADAP KEBERADAAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH PENYELENGGARA PENDIDIKAN INKLUSIF. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (962kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (286kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (738kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (287kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap guru terhadap keberadaan anak berkebutuhan khusus di Sekolah Dasar Penyelenggara Pendidikan Inklusif di wilayah Jakarta Selatan. Penelitian ini, menggunakan teknik random sampling, menggunakan metode penelitian survey dan menggunakan 100 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan 80% sikap keseluruhan guru sudah sangat baik dan 19% sikap keseluruhan guru sudah baik dalam hal pemahaman, penerimaan dan tindakan guru yang sudah sangat baik kepada anak berkebutuhan khusus. Adapun 1% sikap guru keseluruhan cukup baik. Selanjutnya, 42% sikap kognisi guru sangat baik dan 36% sikap kognisi guru sudah baik dalam memahami pengertian anak berkebutuhan khusus, terutama tentang anak berbakat. Adapun 16% sikap kognisi guru cukup baik dan 6% sikap kognisi guru kurang baik. Pada sikap kognisi juga terdapat guru yang belum optimal dalam memahami pengertian anak hambatan intelektual. Selanjutnya, 90% sikap afeksi guru sudah sangat baik dan 9% sikap afeksi guru sudah baik dalam hal perasaan guru yang sangat baik terhadap keberadaan anak berkebutuhan khusus terutama guru suka memberikan semangat kepada anak berkebutuhan khusus. Adapun 1% sikap afeksi yang cukup baik. Pada sikap afeksi ditemukan guru yang frustasi membuat materi pembelajaran anak berkebutuhan khusus. Selanjutnya, 6% sikap konasi guru sudah sangat baik dan 64% sikap konasi guru sudah baik dalam tindakan terhadap keberadaan anak berkebutuhan khusus. Adapun 29% sikap konasi guru cukup baik dan 1% sikap konasi guru yang kurang baik. di mana pada hasil sikap konasi ditemukan guru akan menyapa anak berkebutuhan khusus.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Indina Tarjiah, M.Pd. ; 2). Dr. Hartini Nara, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 21354 not found.
Date Deposited: 02 Feb 2024 00:40
Last Modified: 02 Feb 2024 00:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44120

Actions (login required)

View Item View Item