PENGARUH VARIASI SUHU PENGERINGAN TERHADAP KEKILAPAN, KETEBALAN DAN KELEKATAN CAT PADA BODI KENDARAAN SEPEDA MOTOR BERBAHAN ACRYLONITRILE BUTADIENE STRENE (ABS)

GAD CHARLES, . (2024) PENGARUH VARIASI SUHU PENGERINGAN TERHADAP KEKILAPAN, KETEBALAN DAN KELEKATAN CAT PADA BODI KENDARAAN SEPEDA MOTOR BERBAHAN ACRYLONITRILE BUTADIENE STRENE (ABS). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB 1.pdf.pdf

Download (585kB)
[img] Text
BAB 2.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (626kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (240kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
COVER.Pdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pertimbangan mendasar untuk meningkatkan hasil komposisi adalah dengan mengaplikasikan lapisan pelapis khusus pada bodi kendaraan. Selain memberikan perlindungan pada lapisan cat, fungsi clear coat juga memberikan efek kilap pada lapisan luar bodi kendaraan.Untuk menghasilkan lapisan clear coat berkualitas baik, perlu memperhatikan metode pengeringan yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan variasi optimal dalam proses pengecatan, dengan menggunakan metode suhu pengeringan 29°C, 32°C, 35°C, 38°C, 41°C, 44°C, dan 47°C serta waktu pengeringan 50 menit terhadap tingkat kekilapan, ketebalan dan kelekatan cat pada bodi kendaraan bermotor berbahan Acrylonitrile Butadiene Strene (ABS). Berdasarkan hasil pengujian variasi Pengeringan Terhadap Daya Kilap dibuktikan dengan sampel menggunakan suhu 38°C memiliki nilai kilap yang tertinggi 95,2 GU. Pengunaan variasi suhu juga berpengaruh pada ketebalan dan kelekatan cat dimana nilai tertinggi sampel menggunakan suhu 38°C memiliki ketebalan cat sebesar 124 µm dan kelekatan cat senilai 5B (0% tidak terkelupas). ***** A fundamental consideration to improve the composition results is to apply a special coating layer to the vehicle body. Apart from providing protection to the paint layer, the clear coat function also provides a shiny effect on the outer layer of the vehicle body. To produce a good quality clear coat layer, you need to pay attention to the drying method used. This research aims to find optimal variations in the painting process, using a drying temperature method of 29°C, 32°C, 35°C, 38°C, 41°C, 44°C, and 47°C and a drying time of 50 minutes. the gloss level, thickness and stickiness of paint on motor vehicle bodies made from Acrylonitrile Butadiene Strene (ABS). Based on the results of testing variations in drying on gloss power, it was proven that samples using a temperature of 38°C had the highest gloss value of 95.2 GU. The use of temperature variations also affects the thickness and stickiness of the paint, where the highest value for the sample using a temperature of 38°C has a paint thickness of 124 µm and a paint stickiness of 5B (0% not peeling).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Adi Tri Tyassmadi, M.Pd. ; 2). Drs. Sopiyan, M.Pd.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik
Teknologi dan Ilmu Terapan > Otomotif, Astronotika
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 21853 not found.
Date Deposited: 05 Feb 2024 02:42
Last Modified: 05 Feb 2024 02:42
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44281

Actions (login required)

View Item View Item