PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS E-BOOK MATERI DESAIN PENGGABUNGAN GAMBAR VEKTOR DAN BITMAP UNTUK SISWA KELAS XI MULTIMEDIA SMKN 2 CIKARANG BARAT DENGAN METODE LUTHER-SUTOPO

MARISKA TRI PRATIWI, . (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS E-BOOK MATERI DESAIN PENGGABUNGAN GAMBAR VEKTOR DAN BITMAP UNTUK SISWA KELAS XI MULTIMEDIA SMKN 2 CIKARANG BARAT DENGAN METODE LUTHER-SUTOPO. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (284kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (266kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Terbatasnya media pembelajaran yang dapat dengan focus memberikan pengajaran praktik mengenai materi Penggabungan Gambar Vektor dan Bitmap serta penggunaan aplikasinya menjadi salah satu masalah dalam penelitian ini. Media pembelajaran interaktif berbasis E-book membantu interaksi mandiri antara pembelajaran dan siswa. Berdasarkan hasil wawancara dengan kepala jurusan multimedia SMK Negeri 2 Cikarang Barat, dibutuhkan media pembelajaran tambahan yang representatif atau mewakili dalam arti media pembelajaran tambahan ini memenuhi kebutuhan yang ada di ruang lingkup mata pelajaran Dasar Desain Grafis khususnya pada materi Penggabungan Gambar Bitmap dan Vektor. Penelitian ini bertujuan untuk untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis E-book yang dapat digunakan pada pembelajaran materi Penggabungan Vektor dan Bitmap untuk bahan ajar siswa kelas XI Multimedia SMKN 2 Cikarang Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC) Luther-Sutopo yang terdiri dari enam tahap, yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Pengujian kelayakan pada produk media pembelajaran ini dilakukan oleh ahli materi dengan tingkat kelayakan 100% yang berada pada kategori “Sangat Layak” dan ahli media dengan tingkat kelayakan 86,2% yang berada pada kategori “Sangat Layak” serta pengujian terhadap responden yang menghasilkan skor rata-rata sebesar 80,19 dengan grade A, tingkat penerimaan “Acceptable”, dan “Excellent” pada adjective rating. Berdasarkan hasil penilaian ini, produk yang telah dikembangkan dianggap sangat baik dan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran tambahan untuk mendukung proses belajar dan mengajar peserta didik kelas XI jurusan Multimedia pada materi Penggabungan Gambar Vektor dan Bitmap di SMK Negeri 2 Cikarang Barat. ***** The limited learning media that can focus on providing practical teaching on the material of Merging Vector and Bitmap Images and the use of applications is one of the problems in this study. Based on the results of an interview with the head of the multimedia department at SMK Negeri 2 West Cikarang, additional learning media is needed that is representative or representative in the sense that this additional learning media meets the needs that exist in the scope of Basic Graphic Design subjects, especially on Bitmap and Vector Image Merging material. This research aims to produce interactive learning media based on e-books that can be used in learning material combining vectors and bitmaps for teaching materials for class XI Multimedia students at SMKN 2 West Cikarang. The method used in this research is the Luther-Sutopo Multimedia Development Life Cycle (MDLC) which consists of six stages, namely concept, design, material collecting, assembly, testing, and distribution. Feasibility testing on this learning media product was carried out by material experts with a feasibility level of 100% who were in the "Very Feasible" category and media experts with a feasibility level of 86.2% who were in the "Very Feasible" category as well as testing on respondents who produced an average score. -an average of 80.19 with grade A, acceptance level of "Acceptable", and "Excellent" in the adjective rating. Based on the results of this assessment, the products that have been developed are considered very good and suitable for use as additional learning media to support the learning and teaching process of class XI students majoring in Multimedia on the material of Combining Vector and Bitmap Images at SMK Negeri 2 Cikarang Barat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Muchammad Ficky Duskarnaen, M.Sc. ; 2). Murien Nugraheni, S.T., M.Cs.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Komputer
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer
Depositing User: Users 21788 not found.
Date Deposited: 05 Feb 2024 02:43
Last Modified: 05 Feb 2024 02:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44287

Actions (login required)

View Item View Item