Fitriani, . (2024) Manajemen Kemitraan SMA Future Gate Bekasi dengan Universitas Islam Madinah. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (637kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (546kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (815kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (780kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (844kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (56kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (200kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Kemitraan dalam dunia pendidikan saat ini menjadi hal yang esensial dan merupakan bagian dari strategi pemerintah untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Penelitian ini berusaha mengungkap manajemen dan model kemitraan SMA Future Gate Bekasi dengan Universitas Islam Madinah menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Direktur pendidikan, kepala sekolah, guru alumni Universitas Islam Madinah, tim kemitraan dan perwakilan dari PPMI Madinah merupakan informan kunci dalam penelitian ini. Data yang dikumpulkan berdasarkan hasil wawancara, observasi dan dokumentasi kemudian dianalisis dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini memberikan hasil sebagai berikut : 1) perencanaan dan pengorganisasian dilakukan dengan baik mulai dari memasukkan unsur kemitraan ke dalam visi misi sekolah, membentuk tim muadalah, hingga melakukan analisis SWOT terhadap program kemitraan; 2) pelaksanaan kemitraan dimulai dengan mempersiapkan segala kebutuhan persyaratan akreditasi dan pemberian sertifikat penyetaraan kompetensi bahasa Arab; 3) pengawasan fungsional dilakukan oleh pihak internal maupun pihak eksternal; 4) model kemitraan yang terjalin merupakan kemitraan mutualistik. SMA Future Gate mendapatkan manfaat dari kemitraan berupa keterserapan lulusannya oleh Universitas Islam Madinah melalui penyetaraan kompetensi tersebut. Sementara itu Universitas Islam Madinah juga mendapat manfaat dengan menjaring calon mahasiswa yang memiliki kualitas yang baik, sesuai standar pendidikan mereka. School partnerships recently play an essential role as one of the government strategy to achieve national education goals. This study aims to reveal the school- university partnership management and partnership model at Future Gate High School with Islamic University of Madinah. The director of education, school principal, teachers graduated from Islamic University of Madinah, partnership team, and several representatives from PPMI Madinah were the key informants in this research. Data collected from interview, observation and documentation were then analyzed by collecting, reducting, sharing and drawing conclusion. The result of the study showed that : 1) planning and organizing have been successfully done by including the partnership in the school vision and mission, building muadalah team to organize the partnership, and analyzing SWOT of the partnership program; 2) the partnership program was actuated by preparing the needs for accreditation and awarding a diploma equalization; 3) functional controlling has been done by internal and external supervisor ; 4) the partnership model was a mutualistic partnership. Future Gate High School gains some benefits of graduate adherence by Islamic University of Madinah. Whereas Islamic University of Madinah also gains some advantages by receiving high quality students due to their own standards.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. R. Madhakomala, MPd 2). Dr. Matin, MPd |
Subjects: | Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan Manajemen > Pendidikan, Riset Penelitian Bisnis |
Divisions: | PASCASARJANA > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Users 21518 not found. |
Date Deposited: | 05 Feb 2024 01:05 |
Last Modified: | 05 Feb 2024 01:05 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44318 |
Actions (login required)
View Item |