IDENTIFIKASI PEMELIHARAAN DAN PERAWATAN BANGUNAN SMK NEGERI DI JAKARTA SEBAGAI IMPLEMENTASI MATA KULIAH PERAWATAN GEDUNG

TASYA FITRIYANI PUTRI, . (2023) IDENTIFIKASI PEMELIHARAAN DAN PERAWATAN BANGUNAN SMK NEGERI DI JAKARTA SEBAGAI IMPLEMENTASI MATA KULIAH PERAWATAN GEDUNG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tasya Fitriyani Putri, Irika Widiasanti, Anisah (2024). “Identifikasi Pemeliharaan dan Perawatan Bangunan SMK Negeri di Jakarta Sebagai Implementasi Mata Kuliah Perawatan Gedung” Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta. Pelaksanaan pemeliharaan dan perawatan sangat penting pada setiap bangunan, agar dapat menjaga kondisi bangunan tetap memenuhi syarat kelayakan bangunan, dan memperpanjang usia pada fungsi bangunan. Bangunan sekolah memiliki fungsi sangat penting untuk pengembangan pendidikan pada suatu wilayah dan cara mewujudkan dimana bangunan sekolah digunakan sebagai prasarana pada pendidikan yang perlu dikelola pemeliharaan dan perawatannya dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kategori pelaksanaan pemeliharaan dan perawatan di SMKN 26 Jakarta, SMKN 4 Jakarta, dan SMKN 1 Jakarta dengan menggunakan prosedur dan metode pemeliharaan, perawatan dan pemeriksaan periodik bangunan gedung yang terdapat di Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor: 24/PRT/M/2008 tentang Pedoman Pemeliharaan dan Perawatan Bangunan Gedung dan Surat Edaran Nomor: 5/SE/2022 tentang Pedoman Penyusunan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah Pada Satuan Pendidikan Negeri. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan desktiptif. Sampel pada penelitian ini yaitu seluruh jumlah populasi. Instrumen pada penelitian ini membahas tentang prosedur dan metode pemeliharaan, perawatan dan pemeriksaan periodik bangunan gedung yang terdapat di Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor: 24/PRT/M/2008 tentang Pedoman Pemeliharaan dan Perawatan Bangunan Gedung. Dan melakukan studi pendahuluan sebagai observasi awal, wawancara dengan Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana dan Prasarana, dan dokumentasi berdasarkan kondisi di sekolah. Uji validitas dilakukan untuk 10 responden dengan taraf signifikasi 5% atau 0,05 didapatkan rtabel 0,632. Uji reliabilitas menggunakan uji statistik Cronbach’s Alpha dengan hasil 0,971, maka instrument memiliki reliabilitas yang sangat tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pemeliharaan dan perawatan bangunan di SMKN 26 Jakarta selalu dilaksanakan. Penerapan pemeliharaan dan perawatan bangunan di SMKN 4 Jakarta sering dilaksanakan. Namun, di SMKN 4 Jakarta pada lingkup tata graha pemeliharaan dan perawatan bangunan kadang – kadang dilaksanakan. Dan penerapan pemeliharaan dan perawatan bangunan di SMKN 1 Jakarta sering dilaksanakan. Namun, di SMKN 1 Jakarta pada lingkup arsitektur dan tata graha pemeliharaan dan perawatan bangunan kadang – kadang dilaksanakan. Untuk penerapan pemeliharaan dan perawatan pada komponen bangunan gedung yang masih kadang – kadang dilaksanakan harus lebih diperhatikan lagi. Supaya dapat mencegah terjadinya kerusakan pada komponen bangunan lainnya. Kata Kunci: Bangunan, Pemeliharaan, Perawatan, SMK Negeri, Jakarta ***** Tasya Fitriyani Putri, Irika Widiasanti, Anisah (2024). "Identification of Maintenance and Maintenance of State Vocational School Buildings in Jakarta as an Implementation of Building Maintenance Course" Thesis. Jakarta: Building Engineering Education Study Program, Faculty of Engineering, State University of Jakarta. The implementation of maintenance and care is very important in every building, in order to maintain the condition of the building to meet the requirements of building feasibility, and extend the life of the building function. School buildings have a very important function for the development of education in an area and how to realize where school buildings are used as infrastructure in education that needs to be managed properly for maintenance and care. This study aims to determine the category of maintenance implementation at SMKN 26 Jakarta, SMKN 4 Jakarta, and SMKN 1 Jakarta by using the procedures and methods of maintenance, care and periodic inspection of building buildings contained in the Regulation of the Minister of Public Works Number: 24/PRT/M/2008 concerning Guidelines for Maintenance and Care of Building Buildings and Circular Letter Number: 5/SE/2022 concerning Guidelines for the Preparation of School Activity Plans and Budgets in State Education Units. This research uses quantitative methods with a descriptive approach. The sample in this study is the entire population. The instrument in this study discusses the procedures and methods of maintenance, maintenance and periodic inspection of building buildings contained in the Regulation of the Minister of Public Works Number: 24/PRT/M/2008 concerning Guidelines for Maintenance and Maintenance of Building Buildings. And conduct preliminary studies as initial observations, interviews with the Vice Principal for Facilities and Infrastructure, and documentation based on conditions at school. The validity test was conducted for 10 respondents with a significance level of 5% or 0.05 obtained rtable 0.632. Reliability test using Cronbach's Alpha statistical test with the result of 0.971, then the instrument has a very high reliability. The results of this study indicate that the implementation of building maintenance and care at SMK Negeri 26 Jakarta is always implemented. The implementation of building maintenance and care at SMK Negeri 4 Jakarta is often implemented. However, at SMK Negeri 4 Jakarta in the scope of housekeeping building maintenance and maintenance is sometimes implemented. And the implementation of building maintenance and care at SMK Negeri 1 Jakarta is often implemented. However, at SMK 1 Jakarta in the scope of architecture and housekeeping building maintenance and care is sometimes implemented. For the application of maintenance and care to building components that are still sometimes carried out, it must be given more attention. In order to prevent damage to other building components. Keywords: Building, Maintenance, Maintenance, State Vocational School, Jakarta

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ir. Irika Widiasanti, M.T. ; 2). Anisah, M.T.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Sipil
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 21730 not found.
Date Deposited: 05 Feb 2024 05:48
Last Modified: 05 Feb 2024 05:48
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44351

Actions (login required)

View Item View Item