PERAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL, KNOWLEDGE SHARING, DAN MOTIVASI INTRINSIK TERHADAP KREATIVITAS PADA SISWA SMKN 48 JAKARTA

NUR HIKMAH, . (2024) PERAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL, KNOWLEDGE SHARING, DAN MOTIVASI INTRINSIK TERHADAP KREATIVITAS PADA SISWA SMKN 48 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (473kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (945kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (775kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (347kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: https://scholarsnetwork.org/journal/index.php/ijfb...

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Peran Penggunaan Media Sosial, Knowledge Sharing, dan Motivasi Intrinsik Terhadap Kreativitas Siswa SMKN 48 Jakarta. Penelitian menggunakan metode pendekatan kuantitatif, yaitu dengan melakukan penyebaran angket. Populasi pada penelitian adalah seluruh siswa aktif SMKN 48 Jakarta dan pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik proportionate stratified random sampling dengan perhitungan sampel menggunakan rumus Hair, sehingga minimal sampel sebanyak 240 siswa dan diperoleh total sampel sebanyak 264 siswa. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari outer model dan inner model dengan menggunakan perangkat lunak SmartPLS versi 4.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang kuat pada penggunaan media sosial terhadap knowledge sharing dengan nilai f-square sebesar 0,393. Penggunaan media sosial yang tinggi akan mempengaruhi siswa untuk melakukan knowledge sharing karena perkembangan informasi yang tersedia di media sosial memiliki cakupan yang luas. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa penggunaan media sosial, knowledge sharing, dan motivasi intrinsik secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kreativitas. Selain itu, penggunaan media sosial dan motivasi intrinsik memiliki pengaruh yang signifikan terhadap knowledge sharing. *** This research was conducted with the aim of determining the role of social media use, knowledge sharing and intrinsic motivation on the creativity of students at SMKN 48 Jakarta. The research uses a quantitative approach, namely by distributing questionnaires. The population in the study were all active students at SMKN 48 Jakarta and sampling in this study used a proportionate stratified random sampling technique with sample calculation using the Hair formula, so the minimum sample was 240 students and a total sample of 264 students was obtained. The data analysis technique used consists of an outer model and an inner model using SmartPLS software version 4.0. The results of this research show that there is a strong influence on the use of social media on knowledge sharing with an f-square value of 0.393. High use of social media will influence students to share knowledge because the development of information available on social media has a wide scope. The results of this research reveal that the use of social media, knowledge sharing and intrinsic motivation simultaneously have a significant influence on creativity. In addition, the use of social media and intrinsic motivation have a significant influence on knowledge sharing.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Susan Febriantina, S.Pd., M.Pd ; 2). Prof. Dr. Rd. Tuty Sariwulan, M.Si
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FE > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 21858 not found.
Date Deposited: 05 Feb 2024 04:13
Last Modified: 05 Feb 2024 04:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44354

Actions (login required)

View Item View Item