MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH HAYATUL ISLAMIYAH KOTA DEPOK

SITI AISYAH, . (2024) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH HAYATUL ISLAMIYAH KOTA DEPOK. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (520kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (796kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (763kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (854kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (655kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan membaca pemahaman tidak selalu mudah dan cepat untuk dikuasai oleh setiap siswa. Masih ditemukan keadaan siswa dan kondisi sekolah yang kurang mendukung aktivitas membaca sehingga keterampilan membaca pemahaman siswa tidak berkembang dengan maksimal. Dengan demikian, dibutuhkan suatu pendekatan dalam pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pendekatan whole language dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman untuk siswa kelas lima sekolah dasar. Metode penelitian penelitian ini yaitu mengadopsi model penelitian tindakan Kemmis dan McTaggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 30 siswa. Metode pengumpulan data penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan tes. Instrumen pengumpulan data penelitian ini menggunakan lembar kueioner dan soal tes. Teknik analysis data ini menggunakan dua teknik analisis, yaitu analisis data secara kualitatif dan analisis data statik deskriptif. Hasil penelitian yaitu pada awal pretest keterampilan membaca pemahaman tingkat interpretative siswa hanya mencapai 48%. Pada penerapan pendekatan whole language dalam siklus I terjadi peningkatan menjadi 68%. Dan kembali mengalami peningkatan hingga pada siklus III menjadi 81%. Disimpulkan pendekatan whole language merupakan salah satu cara yang dapat digunakan guru untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman tingkat interpretatif. ***** Reading comprehension skills are not always easy and quick for every student to master. It is still found that students and school conditions do not support reading activities, so students' reading comprehension skills do not develop optimally. Thus, an approach to learning that can improve students' reading comprehension skills is needed. This research aims to analyze the Whole Language Approach in improving reading comprehension skills for fifth-grade elementary school students. The research method for this research is to adopt the Kemmis and McTaggart action research model. The subjects of this research were 30 class V students. The data collection methods for this research are observation, interviews and tests. The data collection instruments for this research used questionnaire sheets and test questions. This data analysis technique uses two techniques: qualitative data analysis and descriptive static data analysis. The research results were that students' interpretative level reading comprehension skills only reached 48% at the beginning of the pretest. When implementing the whole language approach in cycle I, there was an increase of 68%. Moreover, It increased again until in cycle III, it became 81%. It is concluded that the whole language approach is one-way teachers can use to improve reading comprehension skills at the interpretative level.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Herlina, M.Pd. ; 2). Dr. Nidya Chandra Muji Utami
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Siti Aisyah .
Date Deposited: 06 Feb 2024 04:34
Last Modified: 06 Feb 2024 04:34
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44361

Actions (login required)

View Item View Item