PENGARUH EFIKASI DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

BUNGA CINTA WIDYA, . (2024) PENGARUH EFIKASI DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (371kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (643kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (340kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Prokrastinasi akademik terjadi karena adanya keyakinan tidak rasional yang dimiliki mahasiswa, karena kesalahan dalam mempersepsikan tugas akhir, memandang tugas akhir sebagai suatu yang berat dan tidak menyenangkan, ketakutan yang berlebihan untuk gagal sehingga mahasiswa menunda mengerjakan tugas akhir, karena ketakutan jika gagal menyelesaikan studi akan mendatangkan penilaian yang negatif terhadap kemampuannya, akibatnya seseorang menunda-nunda untuk mengerjakan tugas yang dihadapinya. Prokrastinasi Akademik dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, antara lain efikasi diri dan dukungan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung antara Efikasi Diri dan Dukungan Sosial terhadap Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta Angkatan 2017 dan 2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan melalui analisis statistik regresi linear berganda dengan bantuan program IBM SPSS 26.0. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive sampling dimana untuk menentukan jumlah sampelnya menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 5% sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 167 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi untuk variabel X1 dan X2 serta pengisian angket untuk variabel Y. Hasil penelitian menunjukkan hasil persamaan analisis regresi linear berganda yaitu Y = 123,266+ (-0,647X1) + (-0,387X2). Hasil uji F menunjukkan nilai Fhitung 115.948 > Ftabel 3.05. Kemudian hasil uji T menunjukkan bahwa pada variabel X1 memperoleh nilai Thitung -10.958 > Ttabel 1.974 dan pada variabel X2 memperoleh nilai Thitung -7.539 > Ttabel 1.974. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa Efikasi Diri dan Dukungan Sosial berpengaruh langsung secara negatif dan signifikan terhadap Prokrastinasi Akademik. Kemudian hasil perhitungan koefisien determinasi (R2) memperoleh nilai 58.6% dan sisa persentase sebesar 41.4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. *** Academic procrastination occurs because of irrational beliefs that students have, because of errors in perceiving the final assignment, viewing the final assignment as something difficult and unpleasant, excessive fear of failure so that students postpone working on the final assignment, because they are afraid that if they fail to complete their studies, it will result in a negative assessment of one's abilities, as a result of which a person procrastinates in carrying out the tasks at hand. Academic procrastination can be influenced by many factors, including self-efficacy and social support. This research aims to determine the direct influence between Self-Efficacy and Social Support on Academic Procrastination among Students at the Faculty of Economics, Jakarta State University Class of 2017 and 2018. This research uses a quantitative approach through multiple linear regression statistical analysis with the help of the IBM SPSS 26.0 program. The sample in this research was determined using a purposive sampling technique where to determine the number of samples using the Slovin formula with an error rate of 5% to obtain a sample size of 167 students. The data collection technique in this research uses documentation for variables X1 and X2 and filling out a questionnaire for variable Y. The research results show the results of the multiple linear regression analysis equation, namely Y = 123,266+ (-0,647X1) + (-0,387X2). The F test results show the value of Fcount 115.948 > Ftable 3.05. Then the results of the T test show that the variable X1 obtained a Tcount value of -10,958 > Ttable 1,974 and the variable X2 obtained a Tcount value of -7.539 > Ttable 1.974. Based on the results of this research, it can be concluded that Self-Efficacy and Social Support have a direct, negative and significant effect on Academic Procrastination. Then the results of calculating the coefficient of determination (R2) obtained a value of 58.6% and the remaining percentage of 41.4% was influenced by other variables not examined in this research.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Corry Yohana, MM. ; 2). Prof. Dr. Umi Widyastuti, SE, M.E.
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Bunga Cinta Widya .
Date Deposited: 05 Feb 2024 02:21
Last Modified: 05 Feb 2024 02:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44386

Actions (login required)

View Item View Item