SALMA AULIA, . (2024) HUBUNGAN PERSEPSI TERHADAP HARAPAN ORANG TUA DENGAN KONSEP DIRI AKADEMIK SISWA DI SALAH SATU SMP NEGERI JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Cover.pdf Download (3MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4-dikompresi.pdf Restricted to Registered users only Download (231kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (862kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text
LAMPIRAN-dikompresi.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi siswa tentang harapan orang tua dengan konsep diri akademik siswa SMP Negeri 265 Jakarta Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasi. Pengumpulan data menggunakan instrumen Persepsi Terhadap Harapan Orang Tua yang dikembangkan oleh Sasikala dan Karunanidhi (2011) dan Konsep Diri Akademik yang dikembangkan oleh Abdilah (2011). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 265 Jakarta Selatan yang berjumlah 842 siswa. Pengambilan sampel penelitian yang digunakan adalah teknik stratified random sampling. Sehingga sampel penelitian yang digunakan sebanyak 247 siswa. Hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat hubungan positif antara persepsi siswa tentang harapan orang tua dengan konsep diri akademik siswa SMP Negeri 265 Jakarta Selatan. Persepsi siswa tentang harapan orang tua berhubungan sebesar 61,4% terhadap konsep diri akademik siswa. Penelitian ini mengungkapkan pentingnya persepsi siswa yang positif tentang harapan orang tua sehingga siswa memiliki konsep diri akademik yang positif. Guru Bimbingan dan Konseling diharapkan dapat memberikan layanan bimbingan dan konseling dengan tujuan untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam mempersepsikan hal secara positif, sehingga mereka dapat membentuk konsep diri akademik yang positif. ***** This study aims to determine the relationship between students' perceptions of parental expectations and the academic self-concept of students at SMP Negeri 265 South Jakarta. This research uses a quantitative approach. The research method used is the correlation method. Data collection used the Perception of Parental Expectations instrument developed by Sasikala and Karunanidhi (2011) and the Academic Self-Concept developed by Abdilah (2011). The population of this study were all students of SMP Negeri 265 South Jakarta, totaling 842 students. The research sampling used is stratified random sampling technique. So that the research sample used was 247 students. The results of the study found that there is a positive relationship between students' perceptions of parental expectations and the academic self-concept of students of SMP Negeri 265 South Jakarta. Students' perceptions of parental expectations relate 61.4% to students' academic self-concept. This study reveals the importance of positive student perceptions of parental expectations so that students have a positive academic self concept. Guidance and counselling teachers are expected to provide guidance and counseling services with the aim of developing students' ability to perceive things positively, so that they can form a positive academic self-concept.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dewi Justitia, M.Pd., Kons. ; 2). Dr. Eka Wahyuni, MAAPD. |
Subjects: | Pendidikan > Bimbingan dan Konseling Pendidikan > Psikologi Pendidikan |
Divisions: | FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling |
Depositing User: | Users 21615 not found. |
Date Deposited: | 04 Feb 2024 23:54 |
Last Modified: | 04 Feb 2024 23:54 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44393 |
Actions (login required)
View Item |