ANALISIS WAKTU PELAYANAN BONGKAR CLINKER DI DERMAGA PADA PT PELABUHAN INDONESIA (PERSERO) REGIONAL 2 BENGKULU

DIKA PRADITO, . (2024) ANALISIS WAKTU PELAYANAN BONGKAR CLINKER DI DERMAGA PADA PT PELABUHAN INDONESIA (PERSERO) REGIONAL 2 BENGKULU. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (248kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (703kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (249kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dalam melakukan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor apa saja yang berpengaruh terhadap pelayanan waktu bongkar muat dan juga keterkaitan antara volume bongkar clinker, GRT Kapal, waktu efektif alat terhadap waktu sandar kapal, dan juga seberapa besar pengaruhnya terhadap waktu pelayanan bongkar clinker yang ada di PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi, dengan pendekatan kuantitatif. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan metode sampel jenuh. Penelitian ini terdiri dari empat variabel, yaitu volume bongkar (X1), GRT Kapal (X2) dan waktu sandar kapal (X3) sebagai variabel yang mempengaruhi serta variabel terikatnya waktu sandar kapal (Y). Dengan menggunakan data sekunder maka data harus diolah terlebih dahulu lewat uji asumsi klasik, yaitu uji multikolinearitas, uji normalitas menggunakan one-sample kolmogrov smirnov, uji heterokedastisitas dengan menggunakan uji park, dan yang terakhir menggunakan uji autokorelasi durbin watson. Setelah semua uji asumsi klasik lolos dan dinyatakan layak maka baru boleh dilanjutkan dengan metode regresi linear berganda untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang mempengaruhi antar variabel yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan Uji Koefisien determinasi diketahui dengan nilai adjust R square 84,1% menunjukan bahwa adanya pengaruh dari ketiga variabel bebas terhadap variabel terikat, lalu sisanya 15,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ada dalam penelitian ini. The objective of this research is to analyze the factors influencing the loading and unloading time service and the correlation between clinker loading volume, Ship's Gross Registered Tonnage (GRT), effective equipment time to ship berthing time, and how much they affect the clinker loading service time at PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Bengkulu. The research method used involves data collection through observation and documentation techniques, employing a quantitative approach. The sampling technique utilized is non-probability sampling with a saturation sampling method. This study comprises four variables, namely loading volume (X1), Ship's GRT (X2), and ship berthing time (X3) as influencing variables, with ship berthing time (Y) as the dependent variable. Using secondary data, the data must be processed through classical assumption tests, including multicollinearity test, normality test using the one-sample Kolmogorov-Smirnov test, heteroskedasticity test using the Park test, and finally, the Durbin-Watson autocorrelation test. Once all classical assumption tests pass and are deemed suitable, the study proceeds with multiple linear regression to determine the relationships between the variables. The research results indicate a Coefficient of Determination test with an adjusted R-square value of 84.1%, demonstrating the influence of the three independent variables on the dependent variable. The remaining 15.9% is influenced by other factors not considered in this study.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ir. Tri Mulyono, MT.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Hidraulik, Pelabuhan, Irigasi
Divisions: FT > D IV Manajemen Pelabuhan dan Logistik Maritim
Depositing User: Dika Pradito .
Date Deposited: 05 Feb 2024 02:08
Last Modified: 05 Feb 2024 02:08
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44400

Actions (login required)

View Item View Item