MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING PADA PESERTA DIDIK LAMBAT BELAJAR KELAS V DI SDN SUSUKAN 01

NADHIRA MIFTAHUL JANNAH, . (2024) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING PADA PESERTA DIDIK LAMBAT BELAJAR KELAS V DI SDN SUSUKAN 01. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (907kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (246kB)
[img] Text
LAMPIRAN-dikompresi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan metode pembelajaran guided note taking dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada peserta didik lambat belajar kelas V di SDN Susukan 01. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan model yang dikembangkan oleh Kurt Lewin, melalui empat tahapan penelitian, yaitu; perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data pada penelitian ini dikumpulkan dengan teknik pengambilan data tes dan non-tes, kemudian dijabarkan dalam bentuk tabel, grafik, dan narasi deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada peserta didik lambat belajar dalam rentang 15 sampai 42.5 poin di siklus 1 dan 2.5 sampai 17.5 poin di siklus 2. Sehingga dapat disimpulkan penggunaan metode pembelajaran guided note taking terbukti dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik lambat belajar kelas V di SDN Susukan 01. ***** This research aims to determine whether the use of guided note taking learning methods can improve the learning outcomes of Natural Science for slow learners students in fifth-grade at SDN Susukan 01. The study was conducted using the classroom action research method with a model developed by Kurt Lewin, through four stages of research: planning, implementation, observation, and reflection. Data in this study were collected using test and non-test data collection techniques, which are then presented in the form of tables, graphs, and descriptive narratives. The results of the research indicate an improvement in learning outcomes for slow learners students in the range of 15 to 42.5 points in cycle 1 and 2.5 to 17.5 points in cycle 2. Therefore, it can be concluded that the use of guided note taking learning methods has been proven to improve the learning outcomes of slow learners students in fifth-grade at SDN Susukan 01.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Leliana Lianty, M. Pd. ; 2). Suprihatin, M.Ed, Ed.D.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 21840 not found.
Date Deposited: 04 Feb 2024 23:38
Last Modified: 04 Feb 2024 23:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44405

Actions (login required)

View Item View Item