ADAPTASI BELAJAR ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH INKLUSI (STUDI KASUS SMP NEGERI 158 JAKARTA)

LIA ANNISA FITRIANI, . (2019) ADAPTASI BELAJAR ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH INKLUSI (STUDI KASUS SMP NEGERI 158 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (218kB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (201kB)
[img] Text
03 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (240kB)
[img] Text
04 LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (285kB)
[img] Text
05 SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (348kB)
[img] Text
06 KATA PENGANTAR.pdf

Download (273kB)
[img] Text
07 DAFTAR ISI.pdf

Download (219kB)
[img] Text
08 BAB I.pdf

Download (525kB)
[img] Text
09 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[img] Text
10 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (823kB) | Request a copy
[img] Text
11 BAB IV.pdf

Download (205kB)
[img] Text
12 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (270kB)
[img] Text
13 LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
14 RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (230kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui adaptasi belajar anak berkebutuhan khusus di SMP Negeri 158 Jakarta (2) mengetahui faktor penyebab anak berkebutuhan khusus dapat beradaptasi dan mengikuti pembelajaran di SMP Negeri 158 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah 5 anak berkebutuhan khusus, kepala sekolah, 1 guru bimbingan konseling, 1 wali kelas, 1 siswa reguler, dan 5 wali anak berkebutuhan khusus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat bentuk adaptasi. Bentuk adaptasi tersebut yaitu, pertama konformitas, anak berkebutuhan khusus dapat melakukan penyesuaian dengan program sekolah, teman sekelas maupun guru. Kedua inovasi, beberapa anak berkebutuhan khusus menerima atau mengakui tujuan yang selaras dengan budaya atau yang diinginkan sekolah tetapi menggunakan cara yang salah. Ketiga ritualisme, ada anak berkebutuhan khusus yang menerima cara-cara yang diperkenankan tetapi menolak atau mengganti tujuan sehingga berbeda dengan harapan semula dari sekolah. (2) terdapat faktor penyebab adaptasi belajar yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang menyebabkan anak berkebutuhan khusus dapat beradaptasi dan mengikuti pembelajaran yaitu motivasi belajar dan minat. Sedangkan faktor eksternal yang menyebabkan anak berkebutuhan khusus dapat beradaptasi dan mengikuti pembelajaran yaitu dukungan keluarga, perhatian guru, dan hubungan pertemanan. The purpose of this study are (1) find out the learning adaptation of children with special needs in SMPN 158 Jakarta (2) knowing the factors that cause children with special needs to adapt and learn in SMPN 158 Jakarta. The method of this research is qualitative method with data collection techniques through observation, interview, field notes and documentation. The subjects of this research are 5 children with special needs, principals, 1 counseling teacher, 1 homeroom teacher, 1 regular student, and 5 guardians of children with special needs. The results of this study show that (1) there are adaptation form. The first form of adaptation is conformity, children with special needs can make adjustments to school programs, classmates and teachers. The second is innovation, some children with special needs can accept or recognize goals that are in harmony with the culture or what the school wants but use the wrong way. Third is ritualism, there are children with special needs who accept permissible methods but refuse or change goals so that they are different from the initial expectations of school. (2) there are factors that cause learning adaptation, namely internal factors and external factors. Internal factors that cause children with special needs to adapt and learn are motivation to learn and interest. While external factors that cause children with special needs can adapt and learn are family support, teacher attention, and friendship.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Martini, SH, MH ; 2). Shahibah Yuliani, S.Sos., M.Pd
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: Users 1342 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2020 14:51
Last Modified: 05 Mar 2020 14:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/4442

Actions (login required)

View Item View Item